Anda sedang diet? Madu bisa melunturkan lemak dan menurunkan berat badan

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:46 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Anda sedang diet? Madu bisa melunturkan lemak dan menurunkan berat badan

ILUSTRASI. Cairan madu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sedang menjalankan program diet?  Madu bisa melunturkan lemak dan menurunkan berat badan, begini cara konsumsinya. 

Sebagian orang menggunakan madu sebagai alternatif pemanis. Jangan heran, madu termasuk pemanis alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral, sehingga baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: 5 Bahan alami yang efektif mengontrol kadar asam urat tetap stabil

Mengutip dari Food.NDTV, madu bebas lemak, bebas kolesterol, dan bebas natrium. Satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori. 

Hal tersebut membuat madu dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, benarkah demikian?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, madu bisa membantu mengendalikan nafsu makan. 

Bila Anda mengonsumsi madu sebelum tidur, tubuh akan membakat lebih banyak lemak. 

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi satu sendok madu yang dicampur ke dalam secangkir air lemon hangat. Selain bisa menurunkan berat badan, minuman tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Cara konsumsi madu untuk menurunkan berat badan 

Campuran madu dengan lemon baik diminum saat pagi hari. "Di India banyak orang mengonsumsi secangkir air hangat dengan madu dan lemon untuk menurunkan berat badan dan diakui banyak manfaat kesehatannya," kata Sapna V Roshni, Dermatologist, Cocoona Center of Aesthetic Transformation. 

Madu mengandung antioksidan dan flavonoid yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Madu memiliki nilai indeks glikemik rendah dan kalori rendah. 

Sedangkan, lemon merupakan sumber vitamin C yang berperan sebagai detoksifikasi. 

Selain itu, serat pektin dalam lemon bisa memperlambat pencernaan gula dan pati, serta meningkatkan kesehatan usus. 

Para ahli mengatakan minuman herbal tersebut baik untuk membersihkan usus besar, mengeluarkan makanan yang tidak tercerna, racun, dan membantu menurunkan berat badan. 

Selain ramuan di atas, Anda bisa mengonsumsi madu dengan kayu manis untuk menurunkan berat badan. 

Ahli Nutrisi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora mengatakan madu mentah merupakan pengganti gula yang sangat baik.

Madu juga baik dikombinasikan dengan kayu manis, karena bisa saling melengkapi. Kedua bahan alami tersebut bisa mengontrol kadar gula darah dengan mengurangi trigliserida. 

Madu dan kayu manis sama-sama bersifat anti-inflamasi. Keduanya efektif mencegah alergi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Perlu diingat, bila Anda menderita asam lambung dan alergi sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi madu dengan lemon. 

Agar proses diet berhasil, Anda wajib menjalankan gaya hidup sehat dan mengatur pola makan.

Baca Juga: Coklat putih efektif bakar lemak dan menurunkan berat badan

Selanjutnya: Begini cara konsumsi air kelapa yang aman untuk penderita diabetes

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru