kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anda penderita asam urat? Cabai jawa bermanfaat menurunkan asam urat tinggi


Jumat, 18 Juni 2021 / 13:25 WIB
Anda penderita asam urat? Cabai jawa bermanfaat menurunkan asam urat tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi penyakit yang umum diderita masyarakat. Apakah Anda salah satunya? Cabe jawa bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. 

Penyakit asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Baca Juga: Luar biasa! Air jeruk nipis bisa membantu menurunkan asam urat tinggi

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, sebagian orang bisa mengonsumsi buah atau rempah-rempah yang memiliki manfaat menurunkan asam urat tinggi.

Cabai jawa obat herbal asam urat 

Mungkin Anda kurang familiar dengan cabai jawa. Perlu Anda ketahui cabai jawa populer dalam dunia pengobatan herbal. 

Cabai jaa memiliki daun berbentuk bundar telur dengan ujung daun lancip. Bunga cabai jawa berbentuk bulir tegak dengan panjang ganggang sampai 2cm.

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Obat Jus untuk Asam Urat & Rematik, cabai jawa mengandung minyak asiri. Tanaman herbal ini memiliki sifat diuretik alias peluruh kencing dan pereda nyeri. 

Kandungan dalam cabai jawa dipercaya efektif menurunkan asam urat tinggi. Dengan catatan, Anda mengonsumsi tanaman herbal ini dengan benar. 

Dari seluruh bagian tumbuhan ini, akar cabai jawa yang bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat. Berikut bahan dan cara membuatnya. 

Anda siapkan 2,5 gram akar cabai jawa kering dan tiga gelas air. Anda cuci akar cabai jawa sampai bersih kemudian potong kecil-kecil. 

Anda rebus akar cabai jawa sampai menyisahkan satu gelas air. Anda dinginkan kemudian bagi menjadi dua bagian sama banyak. 

Anda minum air rebusan cabai jawa tersebut dua kali sehari. 

Baca Juga: Asam lambung naik? Madu bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

Selanjutnya: Tidak hanya menurunkan asam urat tinggi, ini manfaat suruhan untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×