CLOSE [X]

Anda Patut Waspada! Berikut Ini 5 Penyebab BAB Berdarah

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda Patut Waspada! Berikut Ini 5 Penyebab BAB Berdarah

ILUSTRASI. Anda perlu mengenali penyebab BAB berdarah untuk mengetahui langkah perawatan yang tepat.


KONTAN.CO.ID - Anda bisa mengalami BAB berdarah karena banyak faktor. Dengan mengetahui penyebab BAB berdarah yang Anda alami, Anda bisa menemukan langkah pengobatan apa yang tepat. Tentu saja, Anda memerlukan analisis dokter.

Setiap orang mengalami tingkat keparahan BAB berdarah yang berbeda-beda. Ada kasus di mana BAB berdarah berhenti dengan sendirinya dalam waktu singkat. Namun, ada pula kasus di mana BAB berdarah terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Apalagi, jika Anda mengalami gejala lain yang lebih parah. Berkonsultasi dengan dokter dapat memudahkan Anda mendapat perawatan yang sesuai. Terlebih, bila penyebabnya memang membutuhkan perawatan medis.

Divertikulitis

BAB berdarah juga bisa Anda alami karena divertikulitis atau peradangan pada divertikula yang ada di saluran pencernaan. Sampai saat ini, belum bisa dipastikan faktor apa yang menyebabkan divertikula membengkak. Tapi, kondisi itu dikaitkan dengan tekanan atau dinding usus besar yang melemah.

Baca Juga: Anda Patut Waspada, Ini 6 Penyebab Diare yang Dapat Terjadi

Ambeien

Ambeien bisa jadi penyebab BAB berdarah.

Ambeien adalah salah satu penyebab BAB berdarah yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Mengutip dari Medicine Net, ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus mengalami inflamasi atau pembengkakan.

Meski jarang terjadi, pendarahan akibat ambeien bisa menyebabkan tubuh kekurangan zat besi. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena biasanya ambeien bisa sembuh dalam waktu singkat. Saat Anda mengalami masalah itu, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak sumber zat besi.

Polip dan kanker

Medicine Net menyebutkan, BAB berdarah bisa Anda alami akibat polip atau kanker. Apalagi, jika polip atau kanker muncul di sekitar usus besar atau rektum. Jika terus dibiarkan, pendarahan bisa semakin banyak. Bahkan, tubuh Anda dapat mengalami kekurangan zat besi.

Baca Juga: 7 Buah untuk melancarkan BAB yang bisa Anda coba

Masalah di sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang mengalami masalah hingga mengeluarkan darah bisa membuat feses yang Anda keluarkan mengandung darah. Endoskopi adalah salah satu bentuk tes untuk memastikan masalah kesehatan tersebut.

Fisura ani

Fisura ani atau luka di sekitar anus termasuk salah satu penyebab BAB berdarah yang dapat terjadi. Kondisi itu dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk menghindari fisura ani, Anda perlu mengatasi sembelit supaya bagian sekitar anus tidak terluka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru