kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anda Merasa Cepat Lelah? Ini 5 Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk


Rabu, 04 Januari 2023 / 16:49 WIB
Anda Merasa Cepat Lelah? Ini 5 Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk
ILUSTRASI. Anda Merasa Cepat Lelah? Ini 5 Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Jika kondisi tubuh sering cepat lelah dan mengantuk tentu menghambat kegiatan dan produktivitas. Selain karena kelelahan, ada beberapa penyebab lain mengapa tubuh bisa cepat lelah.

Tubuh yang cepat lelah dan mudah mengantuk umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki aktivitas padat atau sibuk. Kondisi tubuh yang lelah akan menimbulkan rasa ngantuk yang berlebih.

Ners Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Islam Syarifurrahman, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan orang cepat lelah dan tidak boleh disepelekan.

“Walaupun banyak orang yang beranggapan kondisi tersebut bukan masalah kesehatan yang serius. Namun hal tersebut tidak boleh disepelekan,” ujar Islam dikutip dari situs UM Surabaya.

Baca Juga: Syarat, Biaya Pendaftaran, Materi Tes, dan Jadwal SNBT 2023 Pengganti UTBK-SBMPTN

Penyebab cepat lelah dan mengantuk

Islam menyebutkan ada lima penyebab tubuh seseorang cepat lelah dan mudah mengantuk. Lima penyebab tersebut diantaranya:

1. Obesitas atau kegemukan

Ia menyebut, obesitas adalah kondisi tubuh seseorang yang ditandai kelebihan lemak, orang dengan obesitas akan memiliki bobot yang berlebih, sehingga membutuhkan energi yang lebih saat beraktivitas serta kebutuhan oksigen di tubuh akan meningkat.

2. Depresi

Islam menjelaskan, depresi adalah gangguan mental atau gangguan perasaan yang ditandai dengan susah berkonsentrasi, sedih yang berkepanjangan. Kondisi seperti ini membuat seseorang menjadi stres dan mudah merasa lelah ngantuk akibat gangguan pada pola tidur.

3. Kurang berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan energi. Sementara orang yang kurang berolahraga akan mudah lelah walaupun melakukan aktivitas kecil.

“Olahraga kardio seperti jogging dan bersepeda menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan stamina pada tubuh,”imbuh Islam.

4. Dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh

Kebutuhan air dalam tubuh memerlukan sekitar 2-3 liter air setiap harinya, kekurangan cairan pada tubuh menyebabkan kelelahan, yang akhirnya akan menimbulkan rasa ngantuk.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengajari Anak Membaca Sejak Dini, Orangtua Sudah Tahu?

“Minum cukup air penting untuk kesehatan, karena kehilangan cairan tubuh dapat menurunkan stamina seseorang,”tegasnya.

5. Slepp apnea

Islam menegaskan seseorang yang mengalami slepp apnea akan sering terbangun di malam hari akibat gangguan pernapasan yang membuat kualitas tidur tidak nyenyak, karena otak tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×