kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak SD Keracunan Ciki Ngebul, Ini Bahaya Ciki Ngebul yang Wajib Diwaspadai Orangtua


Selasa, 10 Januari 2023 / 17:20 WIB
Anak SD Keracunan Ciki Ngebul, Ini Bahaya Ciki Ngebul yang Wajib Diwaspadai Orangtua
ILUSTRASI. Anak SD Keracunan Ciki Ngebul, Ini Bahaya Ciki Ngebul yang Wajib Diwaspadai Orangtua.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Saat ini ada banyak sekali jajanan unik yang menarik minat anak-anak, salah satunya adalah ciki ngebul. Meskipun menarik, ada bahaya di balik jajanan viral ini.

Ciki ngebul merupakan jajanan yang dapat membuat mulut penikmatnya seperti mengeluarkan asap. Sensasi asap yang keluar dari mulut berasal dari kandungan nitrogen cair dan menjadi daya tarik utama pada ciki ini. 

Meski mengusung konsep yang unik, Ciki ngebul ini cukup terjangkau. Hal ini membuat ciki ngebul digandrungi oleh banyak kalangan termasuk anak-anak.

Baca Juga: Bisa Dimana Saja, Ini Cara Mudah Cek NISN dan NPSN untuk Registrasi Akun SPMB 2023

Sayangnya kejadian tidak diinginkan terjadi pada tujuh siswa Sekolah Dasar (SD) di Tasikmalaya, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Setelah menyantap Ciki ngebul mereka dilaporkan mengalami mual, muntah, dan begah perut. 

Menindak lanjuti kejadian tesebut, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran pada Selasa (3/1/2023) lalu yang berisi instruksi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan rumah sakit untuk melaporkan apabila ada temuan kasus keracunan panganan berasap di wilayah masing-masing.

Nitrogen cair berbahaya

Menurut Dosen Kimia Farmasi Fakultas Farmasi (FF) Universitas Airlangga (Unair), Marcellino Rudyanto, nitrogen merupakan senyawa inert yang artinya tidak bereaksi dengan senyawa lain. 

“Senyawa ini tidak memiliki sifat beracun tapi bukan berarti tidak memiliki bahaya,” katanya.

Nitrogen memiliki titik didih yang sangat rendah yaitu -196 derajat celcius. Sehingga jika tubuh manusia terpapar nitrogen cair dalam waktu yang lama, sel tubuhnya akan membeku atau mati

Menurut Marcellino, nitrogen pada dasarnya tidak memiliki manfaat bagi tubuh, keberadaannya hanya menambah keindahan dalam sebuah hidangan, termasuk dalam Ciki ngebul. 

Kendati demikian, nitrogen cair bermanfaat dalam berbagai bidang, misalnya untuk mengawetkan sampel biologis atau mendinginkan instrumen yang menggunakan magnet superkonduktor.

Penggunaan Nitrogen perlu diawasi

Dosen Unair yang merupakan alumnus Tohoku University, Jepang tersebut menegaskan kepada orang tua untuk berhati-hati dalam melakukan pengawasan terhadap jajanan yang dikonsumsi oleh anak. 

Apabila anak terlanjur mengonsumsi ciki ngebul tapi tidak terjadi keluhan, maka seyogyanya orang tua memberi pengertian kepada anak untuk tidak mengonsumsinya kembali. 

Baca Juga: Ikut SNBP Tahun 2023? Ini Kriteria Penilaian SNBP yang Wajib Diketahui Siswa

“Jika setelah mengonsumsi lalu terjadi kelainan pada saluran pencernaan maka segera bawa ke pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Guna mencegah agar peristiwa keracunan ciki ngebul tidak terulang kembali, penggunaan nitrogen cair pada makanan harus dibatasi. 

Hendaknya hanya chef bersertifikat yang dapat menggunakan senyawa ini. Meski demikian, kehati-hatian tetap diperlukan dalam penggunaannya.

“Nitrogen bisa bermanfaat untuk membekukan makanan secara cepat. Tapi ketika disantap harus dipastikan nitrogen sudah menguap meski makanannya masih beku,” papar Marcellino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×