Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Anak muda juga bisa kena diabetes, ini tandanya

Jumat, 31 Maret 2017 / 13:37 WIB

Anak muda juga bisa kena diabetes, ini tandanya



JAKARTA. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami orang tua di Indonesia. Namun, belakangan ini penyakit yang biasanya menyerang kalangan usia 50 tahun ke atas ini juga dialami usia di bawahnya, bahkan tak jarang ada anak muda yang terkena.

“Saat ini, banyak juga pasien diabetes dengan usia muda. Ini disebabkan oleh gaya hidup, seperti makan terlalu banyak dan kurang olahraga," ujar Maria Saleh yang merupakan lulusan fakultas kedokteran Universitas Indonesia dan Melbourne University.


Diabetes adalah salah satu penyakit jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula dapat disebabkan karena berbagai faktor, dan salah satunya adalah karena faktor pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak teratur.

Pada penderita diabetes, tubuh tidak dapat menyerap insulin dengan baik. Sehingga insulin yang dihasilkan tersisa terlalu banyak dalam darah dan menyebabkan diabetes. “Selain gaya hidup, diabetes bisa dipicu faktor lain juga, seperti riwayat diabetes pada keluarga, pubertas, dan pertumbuhan janin yang terhambat," jelas Maria.

Ada beberapa hal yang harus dihindari mereka yang berusia muda, jika tidak ingin terkena diabetes. Di antaranya:
1.    Suka Ngemil
Kebiasaan yang paling digemari anak muda adalah ngemil, seperti biskuit, kue, keripik, makanan manis, dan masih banyak lagi camilan yang disukai anka muda. kebiasaan mengemil yang sering dilakukan merupakan penyebab yang bisa membuat Anda terkena penyakit diabetes.

2.    Jarang Gerak
Karena kebanyakan anak muda sekarang malas untuk bergerak, sehingga akan menyebabkan risiko tinggi terkena diabetes. Karena dengan bergerak akan membantu membakar lemak pada tubuh.

3.    Gorengan
Makanan yang paling tinggi meningkatkan risiko diabetes adalah gorengan. Padalah makanan ini paling disukai oleh anak muda.

4.    Sering merokok dan Minum Soda
Sekarang banyak sekali anak muda yang mempunyai kebiasaan merokok. Padahal merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika hal ini juga dibarengi dengan konsumsi minuman yang bersoda. Karena kedua hal ini adalah penyebab tinggi terkena diabetes.

5.    Teh Manis
Jika setiap hari mengonsumsi teh manis maka akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Padahal dalam satu gelas teh manis mengandung 300 kalori dan bila anda sering minum teh manis setiap harinya anda bisa bayangkan berapa jumlah kalori yang anda dapat dari minum satu gelas teh manis setiap hari.

Sebenarnya jika memang jeli, gejala dari diabetes dapat diketahui sejak dini, karena gejala diabetes pada usia muda memang sedikit sulit untuk dikenali. Berikut ini beberapa penjelasan tentang gejala awal pengidap diabetes pada usia muda, antara lain :

  • Sering Haus

Dikarenakan tubuh menyerap banyak air untuk mengurai gula darah yang jumlahnya diatas rata-rata, jadi akan merasa sering kehausan atau polidipsia. Jadi walaupun sudah minum banyak tetapi akan tetap merasa haus.

  • Cepat Lelah

Gejala diabetes di usia muda lainnya adalah cepat lelah. Biasanya seseorang akan merasa cepat lelah dan kehabisan energi. Hal ini dikarenakan insulin yang berkurang dalam darah sehingga otot menjadi lemah dan cepat lelah.

  • Sering Kencing

Gejala lain diabetes di usia muda adalah sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan banyaknya gula di dalam darah sehingga ginjal harus menyerap banyak air dari tubuh untuk menguranginya. Sehingga produksi air kencing semakin banyak.

  • Penurunan Berat Badan

Penyakit diabetes pada usia muda juga dapat berpengaruh terhadap berat badan. Jadi jika seseorang memang mengalami diabetes maka lama kelamaan berat badan akan menurun.

  • Luka sulit Kering

Jika memang seseorang mengalami luka yang sulit kering, sebenarnya hal ini adalah salah satu dari gejal diabetes. Jika memang mengalami hal ini, akan lebih baik jika segera memeriksakannya ke dokter. Karena gejala diabetes pada usia dini akan berpotensi mengalami diabetes.

  • Terdapat Kotoran di Urine

Gejala lain dari diabetes pada usia muda adalah urin yang dikeluarkan mengandung kotoran di dalamnya.

  • Mudah Terinfeksi

Daya tahan tubuh yang lemah adalah salah satu gejala dari diabetes. Karena daya tahan tubuh yang lemah, sehingga membuat tubuh menjadi mudah terinfeksi.

Itulah beberapa penyebab dan gejala dari diabetes pada usia dini. Jika memang Anda merasakan beberapa gejala tersebut, sebaiknya cepat konsultasikan ke dokter. Maria juga menyarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan tahunan, biarpun gejala-gejala di atas tidak muncul. Sebab, bisa saja ada masalah kesehatan lainnya selain diabetes.

Reporter: Yulianita Daiva
Editor: Adi Wikanto

DIABETES MENGANCAM NYAWA

Tag
TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.7320 || diagnostic_web = 2.6478

Close [X]
×