kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak di bawah usia 2 tahun tak boleh pakai masker, ini alasannya


Selasa, 26 Mei 2020 / 13:29 WIB
Anak di bawah usia 2 tahun tak boleh pakai masker, ini alasannya


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai masker, karena bisa membuat mereka sulit bernafas dan meningkatkan risiko tersedak, di tengah pandemi virus corona baru.

Sebuah kelompok medis di Jepang mendesak orangtua untuk tidak menggunakan masker ke anak-anak mereka yang masih di bawah dua tahun ketika negeri matahari terbit membuka kembali ekonomi dari krisis virus ccorona.

Perdana Menteri Shinzo Abe mencabut keadaan darurat di Tokyo dan empat daerah yang tersisa pada Senin (25/5), setelah jumlah infeksi turun di Jepang, tetapi memperingatkan itu bisa berlaku kembali jika virus menyebar lagi.

Baca Juga: Hati-hati, memakai masker terlalu lama bisa sebabkan efek samping serius

Untuk mencegah penyebaran virus corona, para ahli kesehatan di seluruh dunia merekomendasikan orang-orang memakai masker ketika sulit menjaga jarak sosial karena negara-negara melonggarkan penguncian.

Tapi, Asosiasi Pediatrik Jepang (JPA) memperingatkan orangtua bahwa masker terlalu berisiko untuk bayi.

"Masker bisa membuat sulit bernafas karena bayi memiliki saluran udara yang sempit yang meningkatkan beban di hati mereka," kata JPA, Selasa (26/5), yang menambahkan, masker juga meningkatkan risiko serangan panas bagi bayi.

"Mari kita hentikan penggunaan masker untuk anak di bawah dua tahun," kata PJA dalam sebuah pemberitahuan di situsnya seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Studi baru: Mata adalah rute penting bagi virus corona masuk ke tubuh manusia

Sejauh ini, sangat sedikit kasus virus corona serius di antara anak-anak. Dan, sebagian besar anak terinfeksi dari anggota keluarga, dengan hampir tidak ada wabah di sekolah atau fasilitas penitipan anak.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan American Academy of Pediatrics (AAP) juga mengatakan, anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai masker yang terbuat dari kain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×