Covid-19

Amvesindo mengadakan vaksinasi pada 1.160 orang, tahap dua diadakan bulan depan

Kamis, 22 Juli 2021 | 23:55 WIB   Reporter: Avanty Nurdiana
Amvesindo mengadakan vaksinasi pada 1.160 orang, tahap dua diadakan bulan depan

ILUSTRASI. Amvesindo akan mengadakan vaksinasi pada 2-8 Agustus 2021.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) mengadakan vaksinasi. Pada tahap satu vaksinasi digelar pada 15 - 18 Juli 2021 lalu di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta. 

Amvesindo dalam rilis menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ini sejalan dengan himbauan dari Presiden RI Joko Widodo. Vaksinasi digencarkan demi menanggulangi kasus Covid-19 di Indonesia. 

Pemerintah juga menargetkan, pelaksanaan vaksinasi dapat mencapai target 5 juta vaksin per hari di bulan Agustus 2021. "Guna mendukung target tersebut, para pelaku industri tak ketinggalan berpartisipasi sebagai penyelenggara vaksinasi, salah satunya AMVESINDO (Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia) yang menaungi pelaku industri modal ventura sebagai pilar ekosistem industri startup di Indonesia," jelas Ketua Umum AMVESINDO Jefri R. Sirait dalam rilis Kamis (22/7). 

Baca Juga: UPDATE vaksinasi corona di Jakarta Kamis (22/7) 6.753.288 orang, 76,6% dari target

Amvesindo juga menjelaskan, program ini diinisiasi oleh Yayasan Alumni Kanisius Menteng Enam Empat dan Eka Tjipta Foundation. Amvesindo bekerjasama dengan aplikasi asisten kesehatan Prosehat, salah satu startup anggota Amvesindo. 

Program vaksinasi ini terbuka bagi umum bagi kelompok usia 12-17 tahun dan 18 tahun ke atas, dan pemilik KTP seluruh Indonesia. "Sebagai pelaku industri, sudah saatnya kita ambil peran lebih dalam menjangkau masyarakat lewat program vaksinasi yang bisa kita kelola secara independen," kata Jefri dalam rilis. 

Tercatat sebanyak 1.160 orang mengikuti program vaksinasi Tahap I, termasuk para karyawan dan anggota keluarga dari perusahaan modal ventura anggota AMVESINDO. Program ini menggunakan jenis vaksin Sinovac. 

Selanjutnya, program Tahap II akan digelar pada 2-8 Agustus 2021. Program ini juga turut didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

"Kami sangat mengapresiasi pihak penyelenggara atas kesempatannya bagi Amvesindo dan Prosehat untuk berkolaborasi dalam program ini. Kami berharap, upaya ini dapat membantu tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat, sehingga angka kasus COVID-19 dapat terus ditekan dan situasi dapat segera terkendali," harap Jefri.

Layanan kesehatan atau healthcare adalah salah satu sektor industri startup yang berperan vital bagi masyarakat di tengah pandemi. "Sebagai asosiasi yang menaungi investor, Amvesindo menilai, dukungan investasi pada pelaku sektor ini memberikan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya dalam rangka mengantisipasi krisis nasional saat ini," kata Jefri. 

Baca Juga: Sebanyak 548.000 anak usia 12-17 tahun telah mendapatkan vaksinasi Covid-19

Amvesindo juga terus mengawal dan mendukung pergerakan startup healthcare dalam memberikan solusi dan akses kesehatan bagi masyarakat. "Sebagai asosiasi yang menaungi pelaku industri dari berbagai daerah, Amvesindo mendapati masih banyak masyarakat daerah, termasuk PMVD (Perusahaan Modal Ventura Daerah) anggota Amvesindo yang kesulitan mendapatkan akses vaksin," ujar Jefri. 

AMVESINDO berharap, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan serta OJK dapat segera membantu proses vaksinasi yang merata di berbagai daerah.

Editor: Avanty Nurdiana
Terbaru