kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ampuh! Simak 6 Cara Meredakan Flu yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah


Selasa, 29 November 2022 / 12:49 WIB
Ampuh! Simak 6 Cara Meredakan Flu yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah
ILUSTRASI. Cara meredakan flu.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara meredakan flu yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Selain itu, mengetahui cara meredakan flu adalah hal yang cukup penting untuk diketahui.

Pasalnya, flu atau dikenal dengan istilah pilek merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh virus dan termasuk paling banyak dialami. Flu atau pilek adalah infeksi di saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. 

Terdapat beberapa gejala yang sering ditimbulkan flu, di antaranya hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit menelan, suara serak, batuk dan masih banyak lagi gejala flu lainnya. 

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Iran vs Amerika Serikat Tayang 02.00 WIB

Virus yang menyebabkan flu sangat mudah menular terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mempunyai beberapa gejala serupa dengan flu. 

Melansir dari Everyday Health, terdapat beberapa cara efektif meredakan flu secara alami. Di antaranya sebagai berikut: 

1. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara meredakan flu yang bisa dibilang efektif. Tubuh yang sedang tidak sehat membutuhkan waktu istirahat yang ekstra, oleh karena itu tidur menjadi solusi pertama menyembuhkan flu secara alami.

Baca Juga: Prediksi Belanda vs Qatar dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

2. Berkumur Air Garam 

Selain beristirahat yang cukup, berkumur dengan air garam juga bisa menjadi alternatif meredakan flu. Hal tersebut dikarenakan berkumur dengan air garam mampu mengurangi pembengkakan di tenggrokan dan menghilangkan bakteri atau virus yang menempel. 

3. Permen Pereda Tenggorokan yang Mengandung Zinc

Jika tenggorokan Anda terasa tidak nyaman saat flu, mengkonsumsi permen pereda tenggorokan yang mengandung zinc bisa menjadi solusi. Zinc dapat membantu meningkatkan kekebalan, yang dapat mempersingkat durasi atau tingkat keparahan flu.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Ekuador vs Senegal Tayang 22.00 WIB

4. Memperbanyak Minum Air Putih 

Asupan cairan yang cukup bisa membantu meredakan flu. Jika tubuh mengalami dehidrasi, flu cenderung lebih sulit sembuh. 

Hal tersebut dikarena sistem kekebalan tubuh tidak berjalan maksimal, sehingga virus yang mengebabkan flu tidak cepat teratasi.

5. Mengkonsumsi Sup Ayam

Sup ayam tidak hanya hangat dan menenangkan tetapi bisa meredakan flu loh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics menemukan bahwa senyawa dalam sup ayam yang disebut carnosine dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan flu di masa-masa awal. 

Selain itu, dilansir Everyday Health sebuah penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal Chest, menunjukkan bahwa sup ayam memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala dan memperpendek infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Baca Juga: Cek 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Mandi Air Hangat

Cara meredakan flu selanjutnya adalah dengan mandi air hangat. Pasalnya, Mandi air hangat dalam waktu lama dapat membantu melembapkan tenggorokan dan saluran hidung, sekaligus membantu membersihkannya dari lendir dan bakteri.

Jika flu belum bisa membaik, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter agar flu bisa segera  diobati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×