kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aman dikonsumsi penderita diabetes! Ini sayuran yang bisa menurunkan gula darah


Senin, 30 Agustus 2021 / 13:34 WIB
Aman dikonsumsi penderita diabetes! Ini sayuran yang bisa menurunkan gula darah
ILUSTRASI. Buncis


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita diabetes melitus tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Ini sayuran yang bisa membantu mengontrol dan menurunkan kadar gula darah.   

Diabetes melitus alias kencing manis, penyakit yang umum diderita sebagian masyarakat.  

Baca Juga: Sedang diet? Ini minuman yang efektif membantu menurunkan berat badan

Mengutip Kompas.com, penyakit diabetes melitus disebabkan karena glukosa tidak bisa diserap oleh sel tubuh sehingga terjadi penumpukan. 

Bila dibiarkan, penyakit diabetes melitus bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit komplikasi.  

Penyakit diabetes melitus dipicu oleh sejumlah faktor seperti gaya hidup tidak sehat, riwayat keluarga, menderita tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol baik rendah.  

Untuk Anda yang menderita diabetes melitus ada banyak cara untuk mengobatinya. Pertama, Anda bisa mengonsumsi obat dari dokter saat penyakit diabetes melitus sedang kambuh. 

Ketiga, Anda bisa minum ramuan obat herbal untuk menurunkan kadar gula dalam darah.  

Selain mengonsumsi obat, Anda harus selektif mengonsumsi makanan. Hal ini penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.  

Berikut sayuran yang bisa membantu mengontrol dan menurunkan gula darah. 

1. Pare  

Siapa yang tidak kenal dengan pare. Sayuran hijau ini dikenal memiliki citarasa yang pahit.  Mengutip dari buku berjudul Taklukkan Diabetes dengan Terapi

Jus, pare mengandung komponen yang menyerupai sulfonylurea (obat antidiabetes). Zat tersebut mampi menstimulasi sel beta kelenjar pankreas tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak.  Selain itu zat tersebut juga meningkatkan deposit cadangan gula glycogen di hati.  

2. Terong  

Terong baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Hal ini disebabkan, terong mengandung serat yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah.  

3. Bengkuang  

Mengutip dari Kompas.com, bengkuang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.  Sebab, bengkuang mengandung inulin yang memiliki khasiat sama dengan insulin. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektifitasnya.  

4. Nanas  

Mengutip buku Miracle Juices Penumpas Diabetes dan Hipertensi, karya Desty Ervira P,S,Gz,MPH dalam buah nanas terdapat bromelin yang berperan sebagai pencegah komplikasi diabetes.  Melansir dari Healthline, nanas kaya akan serat, mineral, dan rendah gula sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.  Tidak hanya itu, nanas juga mengandung kalium yang berperan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.  

5. Mentimun  

Melansir dari Tribun Jakarta, mentimun baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.  Konsumsi mentimun segar secara rutin bisa membantu menurunkan kadar gula secara signifikan.

6. Buncis 

Buncis, polong-polongan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab, buncis kaya akan kandungan serat yang bisa memperlambat penyerapan glukosa. 

7. Jengkol 

Siapa yang tidak kenal dengan jengkol. Sayuran yang memiliki aroma khas ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. 

Asal tahu saja, jengkol mengandung vitamin C, A, B, fosfor, tanin, minyak atsiri, dan serat yang berperan untuk mengontrol kadar gula darah. 

Baca Juga: Mudah dibuat! Ini jus buah segar yang bisa menurunkan kadar gula darah

Selanjutnya: Anda penderita diabetes? Ini infused water yang bisa menurunkan gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×