Alodokter alami kenaikan jumlah konsultasi kesehatan mental selama pandemi Covid-19

Rabu, 06 Oktober 2021 | 13:06 WIB   Reporter: Dimas Andi
Alodokter alami kenaikan jumlah konsultasi kesehatan mental selama pandemi Covid-19

ILUSTRASI. Startup menarik di dunia, fokus membantu beragam masalah kesehatan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masalah kesehatan mental perlu mendapat perhatian serius di tengah pandemi Covid-19. Salah satu platform telemedicine yang turut menyediakan layanan penanganan masalah kesehatan mental adalah Alodokter.

Head of Medical Community Alodokter Alni Magdalena menyatakan, Alodokter merupakan platform telemedicine yang memiliki visi untuk bisa memberikan akses mudah dan cepat bagi para pasien dalam mendapatkan informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

Berbagai dokter kesehatan telah tersedia lengkap di Alodokter, mulai dari Dokter spesialis Anak, Paru, Jantung, Kandungan, Penyakit Dalam, THT, termasuk psikiater dan psikolog yang dapat melayani telekonsultasi terkait kesehatan mental.

Saat ini, tercatat bahwa rata-rata pasien yang berkonsultasi perihal kesehatan mental berada pada usia 22—35 tahun. Hal ini terjadi lantaran di masa pandemi banyak pasien tak hanya terkena dampak kesehatan fisik, melainkan juga dampak ekonomi dan psikososial.

Baca Juga: Beri layanan telemedicine untuk pasien isolasi mandiri, Kemenkes gandeng Atensi

Pada tahun 2021, setiap bulannya terdapat lebih dari 15.000 konsultasi pasien ke psikolog ataupun psikiater di platform aplikasi Alodokter.

“Jumlah konsultasi pasien ke psikolog dan psikiater ini mengalami kenaikan empat kali lipat dibandingkan sebelum adanya pandemi Covid-19,” ungkap Alni, Rabu (6/10).

Untuk dapat berkonsultasi di Alodokter, pasien bisa membuka aplikasi Alodokter dan memilih menu chat lalu pilih dokter spesialis seperti psikiater atau psikolog. Setelah itu, pasien perlu menyelesaikan pembayaran untuk dapat langsung chat dengan dokter.

Adapun tarif konsultasi dikenakan sebesar Rp 35.000 per satu sesi konsultasi tanpa batasan waktu selama psikiater atau psikolog masih dalam jadwal kerja online.

Dokter psikiater atau psikolog dengan segera akan merespons pasien berdasarkan keluhan yang dirasakan dan juga memberikan saran medis yang dianjurkan kepada pasien.

Baca Juga: Platform Alodokter aktif layani 30 juta pengguna setiap bulan

Psikiater atau psikolog akan melakukan wawancara mendalam untuk menggali keluhan psikologis yang dialami pasien, memberikan kesimpulan, dan saran profesional untuk kondisi yang dialami beserta rencana tatalaksana.

Jika terdapat keluhan yang memerlukan diagnose atau tindakan medis langsung, psikiater atau psikolog dapat mengarahkan atau merujuk pasien untuk bisa berkonsultasi dengan dokter praktik di fasilitas pelayanan yang sudah bergabung menjadi mitra Alodokter yang lokasinya terjangkau dari tempat tinggal pasien.

“Pasien pun bisa langsung membuat janji melalui Booking yang ada di aplikasi Alodokter,” tandas Alni.

Editor: Yudho Winarto
Tag
Terbaru