kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alat masak antilengket picu kanker?


Senin, 21 Maret 2016 / 15:33 WIB
Alat masak antilengket picu kanker?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Alat masak antilengket semakin marak di pasar. Produknya pun beragam, mulai dari wajan, panci hingga penanak nasi.

Namun, beberapa kalangan menilai, alat masak antilengket bisa merugikan kesehatan. Alat masak antilengket diduga ikut berperan menyebabkan kanker.

Menurut WebMD.com, berbagai penelitian mengenai keamanan produk berlapis antilengket telah banyak dilakukan. Secara umum para pakar menyimpulkan produk ini aman, tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Menurut Robert L.Wolke, profesor kimia dari Universitas Pittsburgh, selama alat masak itu tidak dipanaskan dalam suhu sangat tinggi maka aman.

Penggunaan suhu tinggi bisa memecah partikel di dalam alat masak antilengket dalam skala partikel. Akibatnya, zat-zat bersifat toksik bisa saja terlepas dan tercampur dalam makanan.

"Ada sejumlah bahan yang terkandung dalam produk antilengket dan bisa terdekomposisi jika dipanaskan dalam suhu tinggi," kata Wolke.

Suhu tinggi yang dipakai maksimal adalah 260 derajat celcius. Pada suhu ini akan mulai terjadi penguraian dan zat kimia dilepaskan. Efek paling berbahaya dari zat-zat tersebut adalah memicu kanker.

Menurut Lady Kumala Dewi dari RS.Kanker Dharmais Jakarta, alat masak antilengket yang lapisannya mudah mengelupas bisa membuat zat-zat kimia atau alumunium menempel di makanan. Lapisan yang mengelupas juga dapat menyebabkan karat atau jamur.

"Selain memicu kanker juga bisa memengaruhi fungsi liver dan fungsi kognitif," ujarnya acara peluncuran Lock&Lock Hard & Light di Jakarta (17/3/2016).

Meski demikian, ia menyatakan bahwa ada banyak faktor yang memicu kanker. "Di Indonesia, sekitar 50% pemicu kanker adalah faktor genetik, selain juga gaya hidup dan pola makan," kata Lady.

Selain mengatur suhu api saat memasak, sebaiknya pilih alat masak antilengket yang memiliki lapisan teknik pelapisan yang baik sehingga tidak mudah mengelupas.

Cara lainnya adalah menghindari penggunaan perkakas dari metal saat menggoreng atau memasak karena bisa membuat lapisan mengelupas. Gunakan bahan kayu atau plastik. Sebaiknya ganti wajan atau panci yang lapisan antilengketnya mulai mengelupas.

(Lusia Kus Anna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×