kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akankah Hepatitis Akut Jadi Pandemi Seperti Covid-19? Ini Penjelasan Epidemiolog


Rabu, 11 Mei 2022 / 09:45 WIB
Akankah Hepatitis Akut Jadi Pandemi Seperti Covid-19? Ini Penjelasan Epidemiolog
ILUSTRASI. Hepatitis akut misterius ini pertama kali muncul di Eropa, kemudian meluas ke Amerika dan Asia, termasuk Indonesia.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 belum usai melanda dunia. Akan tetapi, dunia kembali digegerkan dengan kemunculan penyakit Hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya. 

Hepatitis akut misterius ini pertama kali muncul di Eropa, kemudian meluas ke Amerika dan Asia, termasuk Indonesia. 

Dikutip dari Kompas.com, (6/5/2022), setidaknya sudah ada 3 anak di DKI Jakarta dan 1 di Jawa Timur yang meninggal dan diduga mengalami hepatitis akut misterius. 
Bahkan sudah ada 114 kasus sindrom jaundice (penyakit kuning) di 18 kabupaten/kota di Jawa Timur, yang tidak menutup kemungkinan berhubungan dengan penyakit misterius ini. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan hepatitis akut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022. 

Lantas, mungkinkah penyakit hepatitis akut misterius menjadi pandemi? 

Penjelasan epidemiolog Epidemiolog dan praktisi Global Public Health Dicky Budiman menyebut, penyakit hepatitis akut misterius kecil kemungkinan berkembang menjadi pandemi seperti Covid-19. 

"Potensinya kecil kalau menjadi pandemi. Kalau dia menjadi satu epidemi, bisa. Tapi kalau menjadi pandemi rasanya masih jauh sekali," kata Dicky kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022). 

Baca Juga: Covid-19 Punya Hubungan dengan Hepatitis Akut Misterius? Ini Penjelasan WHO

Menurut dia, ada beberapa kriteria yang membuat suatu penyakit kemudian bisa merebak secara global hingga kemudian menjadi pandemi. 

"Kalau berbicara penyakit yang menyebabkan pandemi, selain dia umumnya adalah penyakit baru, dia harus yang sifatnya cepat dalam penularan, biasanya melalui saluran napas, droplet," sebut dia.

"Dalam kaitan itu saat ini saya tidak melihat potensi hepatitis yang masih misterius ini dia bisa menjadi pandemi," lanjutnya. 

Meski tidak berpotensi menjadi pandemi, Dicky menyampaikan, penyakit ini justru bisa jadi merupakan dampak dari pandemi yang terjadi. 

"Bahwa ini adalah dampak dari satu pandemi, bisa jadi. Kita masih harus berhati-hati, cermat dalam melihat fenomena ini," ucap dia. 

Baca Juga: Gejala Awal, Sedang, dan Berat Hepatitis Akut, Cegah dengan Cara Ini

Upaya pencegahan hepatitis akut misterius

Hepatitis akut ini masih menjadi penyakit misterius yang belum diketahui penyebab dan mekanisme penularannya secara pasti. Oleh karena itu, satu-satunya hal yang bisa diupayakan masyarakat saat ini adalah melakukan pencegahan. 

Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari menerapkan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas), menjaga kebersihan makanan, sanitasi lingkungan, dan menjaga kebersihan diri. 

"Itu kan sebetulnya hal yang harus kita lakukan ada atau tidak ada penyakit ini, tapi dengan adanya penyakit ini kaka harus ditingkatkan," ujar Dicky. 

Tak hanya itu, upaya deteksi dini juga diperlukan sebagai bentuk surveilans agar adanya kasus segera terdeteksi dan dapat diatasi sebelum keberadaannya meluas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mungkinkah Hepatitis Misterius Jadi Pandemi seperti Covid-19? Ini Kata Ahli"
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×