kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.791
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS614.076 0,00%

Agar tak takut kolesterol makan serba daging Idul Adha

Senin, 20 Agustus 2018 / 10:51 WIB

Agar tak takut kolesterol makan serba daging Idul Adha
ILUSTRASI. Ilustrasi penyembelihan daging hewan kurban



Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Idul Adha akan segera dirayakan oleh umat Muslim di dunia hanya dalam beberapa hari ke depan. Pada saat ini, tentu persediaan daging kurban, baik kambing, atau sapi akan melimpah.

Kebanyakan orang akan mengolah daging-daging kurban itu dalam berbagai bentuk masakan, seperti sate, gulai, tongseng atau masakan lain.


Tentu semua orang akan menikmati daging pada Idul Adha itu. Dalam daging kambing ataupun sapi mengandung banyak nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, zat besi dan lainnya.

Namun, karena jumah makanan olahan daging tersedia secara melimpah, orang jadi berlebihan dalam mengonsumsinya.

Padahal, di balik nutrisi yang terkandung dalam daging, ada efek samping yang mengintai saat daging tersebut dikonsumsi secara berlebihan.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak makan daging dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya kolesterol.

Untungnya, beberapa bahan alami masih bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi, kita bisa mengonsumsi makanan penurun kolesterol sebagai berikut:

1. Minyak zaitun

Sarat dengan lemak tak jenuh sehat jantung, minyak zaitun ectra-virgin telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang buruk untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Sayuran

Sayuran adalah salah satu makanan padat nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral dan serat untuk mendukung kesehatan jantung, namun rendah kalori.

Tidak heran jika penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak sayuran dikaitkan dengan menurunkan kadar kolesterol LDL baik untuk pria maupun wanita

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya serat dan lemak sehat, sehingga sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Satu ulasan dari 25 penelitian menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dikaitkan dengan kadar kolesterol total dan LDL yang lebih rendah, ditambah penurunan trigliserida juga.

4. Kunyit

Berkat kehadiran senyawa kuat yang disebut kurkumin, kunyit telah terbukti mengurangi kadar kolesterol total dan LDL dalam darah.

5. Bawang putih

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bermanfaat bagi tingkat kolesterol.

Menurut satu review dari 39 penelitian, mengonsumsi bawang putih secara teratur selama setidaknya dua bulan dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mengurangi risiko menyakit jantung.

6. Teh hijau

Kaya akan antioksidan dan atekin, teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Makan Daging Saat Idul Adha Tanpa Takut Kolesterol Jahat, Coba Bahan Alami Ini untuk Menangkalnya,


Sumber : TribunNews.com
Editor: Yudho Winarto

KESEHATAN

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0616 || diagnostic_web = 0.3127

Close [X]
×