kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Agar fit sepanjang hari, lakukan ini saat bangun pagi


Sabtu, 23 November 2019 / 15:03 WIB
Agar fit sepanjang hari, lakukan ini saat bangun pagi
ILUSTRASI. Ada sejumlah aktivitas yang bisa mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima setelah bangun tidur.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, ada baiknya Anda melakukan beberapa kegiatan yang dapat mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima. Riset yang dilakukan University of Leipzig pada 2009 mengungkapkan bahwa ada beberapa aktivitas sederhana pada pagi hari yang dapat mengantarkan hidup menjadi lebih sehat.

Bahkan kalau dilakukan secara teratur, aktivitas ini dapat berpengaruh pada kualitas pribadi meliputi fisik dan mental dalam menjalani aktivitas. Meski terlihat sederhana, namun memiliki dampak luar biasa bagi tubuh.

1. Meditasi

Kara Lydon, seorang guru yoga dari Boston, Amerika Serikat, mengatakan rutin meditasi di pagi hari dapat meredam berbagai perasaan negatif seperti rasa cemas, takut dan stres. Meditasi pada umumnya dilakukan dengan duduk sejenak, memejamkan mata, dan mengatur nafas sedemikian rupa.

Hal ini dapat berdampak pada meningkatnya rasa syukur, otak lebih dapat berkonsentrasi, dan pikiran menjadi fokus. “Riset menunjukkan bahwa meditasi bisa mempengaruhi otak kita, dan menghidupkan area yang terkait dengan kesadaran,” ujar Lydon.

2. Konsumsi buah dan sayuran

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh, mengkonsumsi buah dan sayuran pada pagi hari sangat disarankan. Samantha Cassetty, konsultan nutrisi dari New York menyebutkan, mengkonsumsi buah-buahan di pagi hari dapat membantu sistem pencernaan dengan membersihkan racun sekaligus memasok vitamin.

“Bisa dengan mengkonsumsi pisang, buah naga, apel, atau buah lainnya di pagi hari untuk mendapatkan manfaat terbaik untuk kesehatan,” ujar Samantha.

3. Minum air putih

Minum air putih setelah bangun pagi menjadi kebiasaan baik yang paling mudah untuk dilakukan. Sederhana namun luar biasa dampaknya, terlebih saat menyadari jika 70% persen tubuh manusia terdiri dari air.

Dilansir dari laman Life Hack, meminum air putih saat bangun pagi dapat membantu menetralkan tubuh dari racun. Minum banyak air juga dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru. Jika rutin dilakukan, tubuh akan menjadi sehat dan segar sepanjang hari. 

4. Lakukan peregangan

Lamanya tidur serta ragam aktivitas sehari sebelumnya membuat otot tubuh kerap nyeri dan kaku saat bangun di pagi hari. Untuk itu Ryan Whitcomb, seorang pelatih kebugaran di New Jersey menyarankan untuk melakukan peregangan sesaat setelah bangun dari tidur.

Dengan melakukan hal tersebut, peredaran darah lebih lancar dan membuat kita lebih segar saat bangun. “Peregangan juga menghindarkan kita dari cedera sebelum melakukan aktivitas, serta menghilangkan kekakuan akibat posisi tubuh yang tidak benar,” ujar Ryan. (Mico Desrianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Agar Fit Sepanjang Hari, Lakukan Ini Saat Bangun Pagi.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×