kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada gelombang baru virus corona, simak cara meningkatkan daya tahan tubuh


Rabu, 05 Mei 2021 / 14:33 WIB
Ada gelombang baru virus corona, simak cara meningkatkan daya tahan tubuh


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Gelombang baru serangan virus corona penyebab Covid-19 terjadi di banyak negara, seperti India, Malaysia, hingga sejumlah negara Eropa. Simak cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah menderita Covid-19 akibat terinfeksi virus corona gelombang baru.

Selain memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M), kita juga dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi Covid-19 ini. Ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk tetap tinggal di rumah dan mendapatkan vaksinasi untuk menjaga daya tahan tubuh supaya terhindar dari infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Nah, berikut ini terdapat beberapa cara sederhana dan mudah diterapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti yang dilansir dari laman Times of India.

1. Menambahkan suplemen vitamin D

Cara pertama meningkatkan daya tahan tubuh adalah konsumsi vitamin D. Tidak hanya dari makanan dan sinar matahari, kita bisa menambahkan vitamin D sehari-hari dalam bentuk suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian telah dilakukan pada anak-anak, di mana mereka diberi 1.200 IU vitamin D3 setiap hari. Hampir 60 persen anak-anak yang mendapatkan suplemen lebih kecil kemungkinannya untuk terserang pilek dan flu dibandingkan anak-anak yang tidak diberi vitamin D.

Baca juga: Covid-19 gelombang baru menyerang Eropa & Asia, ini cara mencegah yang paling efektif

2. Mengurangi kalori berlebih

Cara kedua meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengurangi kalori berlebih. Sebuah studi yang dilakukan oleh Tufts University menemukan bahwa ketika 46 pria dan wanita yang kelebihan berat badan makan lebih sedikit kalori selama enam bulan, sistem daya tahan tubuh mereka berfungsi lebih baik.

Mengurangi kalori hanya 10 persen juga dapat membantu orang yang kelebihan berat badan terhindar dari penyakit lainnya. Penelitian lain juga menemukan hasil serupa pada orang yang kehilangan sekitar 5 kilogram berat badan dalam satu bulan.




TERBARU

[X]
×