kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada 5 Sayuran yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Batuk Menyerang, Apa Saja?


Jumat, 06 Januari 2023 / 09:25 WIB
Ada 5 Sayuran yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Batuk Menyerang, Apa Saja?
ILUSTRASI. Penting untuk diketahui, makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Anda terserang batuk.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penting untuk diketahui, makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat Anda terserang batuk. Beberapa di antaranya adalah sayuran. 

Sebenarnya, sayuran terutama yang berwarna hijau tua kaya akan senyawa nabati yang membantu melindungi sel dari kerusakan, serta mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Akan tetapi, meski menyehatkan, beberapa sayuran justru membuat tenggorokan terasa tidak nyaman dan berujung memperparah batuk. 

Lalu, apa saja sayuran yang tidak boleh dimakan saat batuk karena akan memperparah kondisi? 

Sayuran yang dihindari saat batuk 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sayuran yang tidak boleh dikonsumsi saat batuk: 

1. Brokoli 

Salah satu sayuran hijau yang sebaiknya ditinggalkan saat batuk adalah brokoli. Sebab, sayuran ini bisa membuat pencernaan menjadi terhambat. 

Dilansir dari laman Huffpost, pakar kesehatan usus dan penulis Mahmoud Ghannoum mengatakan, brokoli memang mengandung nutrisi berupa vitamin A dan C. Namun, sayuran ini sulit dicerna karena mengandung tinggi serat. 

Serat tak dapat dicerna karena secara utuh akan melewati usus kecil dan besar, kemudian langsung keluar tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya pilih makanan rendah serat dan mudah dicerna saat batuk atau sakit agar terhindar dari iritasi saluran pencernaan. 

Baca Juga: 7 Minuman Ini Bisa Bikin Gejala Asam Lambung atau GERD Keok

2. Tomat 

Tomat adalah sayuran kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Kendati begitu, sayuran ini bisa memperburuk batuk yang tengah mendera. Anjuran untuk tidak memakan tomat saat batuk lantaran sifatnya yang asam, yang berpotensi memperburuk iritasi. 

Bukan hanya tomat, sayuran maupun makanan asam lain juga perlu dihindari saat batuk atau pilek. 

Adapun sebagai alternatif agar asupan vitamin C tetap terpenuhi, bisa memilih mengonsumsi buah pisang atau paprika kuning. 

3. Terong 

Terong menjadi sayuran berikutnya yang harus dihindari saat terserang batuk. Sama seperti bayam, anjuran tak makan terong saat batuk disebabkan kandungan histamin di dalamnya. 

Jika nekat mengonsumsi terong, maka tubuh berpotensi mengeluarkan lendir kental dari paru-paru alias dahak. Hal ini akan memperparah batuk yang tengah dialami. 

Baca Juga: Bikin Kolesterol Jahat Minta Ampun, Ini Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

4. Cabai 

Terlepas dari kandungan vitamin C yang melimpah, cabai adalah rempah yang sebaiknya dihindari saat batuk. Dilansir dari laman Health Shots, kandungan capsaicin pada cabai bisa mengiritasi saluran hidung dan mulut, sehingga memicu produksi lendir lebih banyak. 

Capsaicin sendiri merupakan zat bioaktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas, khas tanaman yang juga tergolong sayuran ini. 

5. Bayam 

Bayam menjadi sayuran yang tidak boleh dimakan saat batuk. Pasalnya, sayuran hijau ini mengandung histamin, bahan kimia yang dapat memicu reaksi alergi dalam tubuh. 

Histamin akan meningkatkan aliran darah di tubuh yang terpapar alergen, dan menimbulkan inflamasi atau peradangan. Bahan kimia ini bekerja dengan cara memicu tubuh memproduksi lebih banyak lendir, sehingga berpotensi membuat batuk berdahak dan hidung meler. 

Oleh karena itu, seseorang yang tengah menderita batuk dan pilek sebaiknya menghindari makanan kaya akan histamin termasuk bayam. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk"
Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×