Ada 44.526 Kasus Covid-19 per 13 Februari 2022, Ini Makanan untuk Penyembuhan Corona

Senin, 14 Februari 2022 | 09:21 WIB Sumber: covid19.go.id,Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com
Ada 44.526 Kasus Covid-19 per 13 Februari 2022, Ini Makanan untuk Penyembuhan Corona

ILUSTRASI. Ada 44.526 Kasus Covid-19 per 13 Februari 2022, Ini Makanan untuk Penyembuhan Corona


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penambahan kasus Covid-19 di Indonesia hingga 13 Februari 2022 masih meningkat pesat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Saat isolasi mandiri, berikut daftar makanan yang perlu dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan Covid-19.

Satgas Covid-19 mencatat ada tambahan 44.526 kasus baru infeksi virus corona pada 13 Februari 2022. Sehingga total menjadi 4.807.778 kasus positif Covid-19 pada 13 Februari 2022 sejak diumumkan pada Maret 2021.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus positif Covid-19 pada 13 Februari 2022 bertambah 26.916 orang sehingga menjadi sebanyak 4.309.763 orang.

Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat kasus positif Covid-19 pada 13 Februari 2022 di Indonesia bertambah 111 orang menjadi sebanyak 145.176 orang.

Jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia per 13 Februari 2022 mencapai 352.839 kasus, bertambah 17.499 kasus dibanding sehari sebelumnya.

Kemenkes menetapkan sejumlah pasien Covid-19 tidak perlu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala cukup melakukan isolasi mandiri selama 10 hari.

Baca Juga: Lebih dari 7 Juta Warga Disuntik Vaksin Booster per 13 Februari, Ini Efek Samping

Berikut syarat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19:

  • Usia pasien maksimal 45 tahun
  • Tidak memiliki komorbid
  • Isolasi mandiri berlangsung selama 10 hari sejak pengambilan tes swab
  • Rumah untuk isolasi mandiri harus memiliki kamar atau lantai terpisah
  • Selalu pakai masker

Dilansir dari Kompas.com, saat isolasi mandiri, pasien Covid-19 harus konsumsi makanan dan minuman yang bergizi untuk penyembuhan infeksi corona. Menurut penelitian, asupan dalam makanan dan minuman bisa digunakan mempercepat penyembuhan Covid-19. Ketika terinfeksi Covid-19 varian apapun termasuk Omicron, tubuh membutuhkan ekstra protein untuk memperbaiki kerusakan pada sel dan jaringan tisue tubuh.

BBC memberitakan sistem imun terdiri dari organ, sel dan senyawa tubuh yang bekerjasama menyerang infeksi di dalam tubuh. Selama infeksi terjadi, protein akan ditarik dari dalam otot dan dirombak menjadi asam amino. Asam amino ini akan digunakan oleh sistem imun untuk membentuk protein baru khusus untuk memerangi infeksi.

Hal ini seperti disampaikan oleh Philip Calder, profesor ahli nutrisi dan imunologi dari Universitas Southampton. Inilah sebabnya, ketika kita tengah terkena infeksi termasuk infeksi varian Omicron, kita akan mengalami penurunan berat badan dan otot yang lemas. "Jadi selama masa penyembuhan, tubuh butuh asupan protein ekstra agar sistem imun tubuh bisa bekerja maksimal. Terutama untuk mereka yang habis menjalani rawat inap di rumah sakit," ujar Calder.

Makanan untuk masa penyembuhan Covid-19

Sebuah studi digelar untuk mencari tahu asupan makanan atau nutrisi apa saja yang diperlukan di masa penyembuhan Covid-19. Dilansir dari Science Direct, penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa jenis makanan tertentu bisa mempercepat masa penyembuhan Covid-19.

Dalam kesimpulan tersebut dinyatakan bahwa makanan dengan kadar protein dan lipid tinggi adalah yang bisa digunakan mempercepat penyembuhan. Sebaliknya, makanan dan minuman yang mengandung alkohol tinggi, adalah asupan yang harus dihindari karena bisa memperparah gejala Covid-19.

Menurut Profesor Calder, selain tubuh butuh protein tambahan untuk bisa menguatkan sistem imun, tubuh juga butuh ekstra karbohidrat mengingat sistem tubuh tengah bekerja ekstra daripada biasanya. Lantas makanan apa saja yang baik bagi masa penyembuhan Covid-19?

Berikut daftar makanan untuk mempercepat penyembuhan Covid-19

1. Sumber protein

Bahan makanan pertama untuk mempercepat penyembuhan Covid-19 adalah makanan dengan protein tinggi. Makanan sumber protein seperti telur, ikan, daging, susu, dan kacang-kacangan sebaiknya diperbanyak ketika Anda dalam penyembuhan Covid-19 varian apapun termasuk varian Omicron.

2. Sumber karbohidrat

Bahan makanan kedua untuk mempercepat penyembuhan Covid-19 adalah makanan sumber karbohidrat.  Agar tubuh tak lemas, makan asupan tinggi karbohidrat seperti oats, roti, pasta, juga kentang. Karbohidrat bisa menjadi bahan bakar tubuh yang tengah bekerja lebih berat melawan virus.

3. Sumber vitamin dan mineral

Bahan makanan ketiga untuk mempercepat penyembuhan Covid-19 adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral adalah pekerja garda terdepan dalam menyerang infeksi virus. Jadi ketika tubuh terinfeksi Covid-19, perbanyaklah asupan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti sayuran, buah-buahan, telur, susu, minyak ikan, juga minyak sayur.

Lebih lanjut Profesor Calder menyebutkan, pola makan yang paling baik untuk masa penyembuhan Covid-19 adalah pola makan ala Mediterania. Yaitu pola makan yang terdiri dari plant based food atau pola makan yang terdiri buah, sayuran dan biji-bijian.

Melawan fatigue dan selera makan yang turun

Infeksi Covid-19 biasanya menyebabkan fatigue dan hilangnya selera makan. Kirsten Jackson, ahli diet dari British Dietetic Association, menyarankan untuk Anda yang menderita letih lesu dan tak selera makan, untuk mengonsumsi minuman mengandung susu seperti cokelat panas dan smoothies.

Minuman yang kaya kalori dan protein ini lebih bisa ditelan daripada sumber makanan yang bisa memicu eneg. Namun, konsumsilah cokelat hangat dan smoothies racikan rumahan, bukan minuman kemasan pabrikan.

Minuman cokelat kemasan biasanya sudah diberi tambahan zat pemanis buatan terlalu tinggi. Selain itu, minuman kemasan biasanya tinggi protein namun rendah kalori. Jika Anda kesusahan makan dalam porsi wajar tiga kali sehari, maka makanlah porsi kecil namun dalam frekuensi sering. Makan kecil ini bisa kudapan sehat ataupun buah dan sayuran.

Itulah perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia hingga 13 Februari 2022 dan daftar bahan makanan untuk mempercepat penyembuhan Covid-19. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru