kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Cara Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui, Suami Bisa Lakukan Ini untuk Membantu


Selasa, 17 Oktober 2023 / 12:56 WIB
9 Cara Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui, Suami Bisa Lakukan Ini untuk Membantu
9 Cara Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui, Suami Bisa Lakukan Ini untuk Membantu.


Penulis: Mega Putri

Tips ASI Lancar - Ada banyak cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui, salah satunya dengan banyak minum air putih. Selain itu, ini peran suami yang bisa membantu cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui demi pertumubuhan bayi.

ASI adalah asupan yang penting bagi bayi terutama ketika masih usia 0-6 bulan. Ibu perlu menjaga asupan ASI agar bayi bisa tumbuh kembang dengan baik, tercukupi nutrisinya, dan menghindari terjadinya stunting.

Selain itu, ASI juga penting bagi bayi untuk membentuk daya tahan tubuh mereka. Bagi ibu sendiri, menyusui akan menjadi proses yang mengagumkan sekaligus cara menunjukkan kasih sayang pada bayinya.

Namun, proses menyusui juga bisa menjadi hal yang membuat ibu sedih ketika ASI tidak lancar. Berikut cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui agar optimal memberikan asupan ASI dan peran yang bisa dilakukan oleh suami.

Baca Juga: Promo KFC Spesial 44th Anniversary KFC Sampai 18 Oktober 2023, Lebih Hemat Rp 44.000

Perhatikan Cara Menyusui yang Benar

Ketika awal menyusui setelah melahirkan, ASI biasanya tidak langsung keluar atau tidak keluar banyak. Namun ibu tidak perlu khawatir karena pada bayi baru lahir, mereka bisa bertahan tanpa asupan ASI sekitar 2-3 hari.

Meski begitu ibu harus tetap menyusui dalam 24 jam setelah melahirkan untuk melakukan rangsangan antara ibu dan bayi agar ASI cepat keluar banyak. Sambil menunggu ASI keluar, lakukan pijatan ringan pada payudara dan jaga pikiran tetap positif.

Ketika sudah mulai menyusui, perhatikan cara menyusui yang benar. Cara melancarkan ASI yang paling utama adalah posisi menyusui yang benar agar bayi bisa mengisap tanpa membuat ibu merasa sakit dan ASI keluar banyak.

Menyusui Minimal 8 Kali Sehari

Cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui selanjutnya yaitu menyusui minimal 8x sehari. Bayi usia 1-2 bulan akan menyusu 8-12 kali sehari dengan jarak tiap 2-3 jam sekali. Frekuensi menyusu akan berkurang seiring bertambahnya usia bayi.

Jangan lupa untuk tetap menyusui bayi di malam hari agar bayi tidak kekurangan cairan. Sering menyusui dapat membuat ASI lebih lancar karena payudara akan terangsang untuk meningkatkan produksi ASI lebih banyak.  

Baca Juga: Jadwal Tayang The Marvels, Intip Foto Baru Park Seo Joon & Peran di Film Marvel Ini

Gunakan 2 Payudara Bergantian dan Sering Pompa ASI

Cara melancarkan ASI bagi ibu adalah menggunakan 2 sisi payudara secara bergantian saat menyusui agar ASI tetap keluar lancar dari keduanya. Sering pompa ASI juga bisa menjadi cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

Saat bayi selesai menyusu di payudara sebelah kiri, pompa payudara sebelah kanan yang terasa penuh agar ibu nyaman. Pompa payudara disarankan setiap 2 jam sekali dengan durasi 20-30 menit. Pompa ASI bisa memicu peningkatan produksi ASI.

Kurangi Penggunaan Dot Bayi atau Susu Formula

Bagi ibu menyusui, usahakan untuk memberikan ASI secara langsung pada bayi dan mengurangi penggunaan dot bayi atau susu formula jika tidak diperlukan. Ini dilakukan agar bayi terbiasa menyusui secara langsung pada payudara ibu.

Baca Juga: 10 Drama Korea Rating Tertinggi di Minggu Kedua Oktober 2023, Destined with You Tamat

Kontak Langsung Antara Ibu dan Bayi

Kontak langsung antara kulit ibu dan bayi juga menjadi cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui yang tidak boleh dilupakan. Kontak langsung bisa dilakukan dengan cara menyusui secara langsung tanpa dot atau susu formula.

Selanjutnya, kontan langsung skin to skin bisa dilakukan saat bayi menyentuh kulit ibu ketika menyusui. Ibu bisa sambil membelai kepala atau wajah bayi saat menyusui. Ini bisa meningkatkan produksi ASI.

Mengutip artikel dari situs di Kementerian Kesehatan, hormon prolaktin muncul di otak ketika puting ibu dihisap oleh bayi. Selain itu ada hormon oksitosin yang mampu memicu rangsangan pada payudara saat ibu menyentuh bayi.

Jaga Pikiran Tetap Bahagia dan Nyaman Saat Menyusui

Selain memperhatikan cara menyusui yang benar, ibu juga harus memperhatikan dirinya sendiri saat masa menyusui. Jaga pikiran tetap bahagia dan positif, sempatkan melakukan hobi atau hal menyenangkan saat bayi tidur.

Pasalnya, hormon Oksitosin dan Prolaktin tidak hanya muncul karena proses skin to skin saja. Melansir dari Kementerian Kesehatan, 2 hormon yang memperlancar ASI itu juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis, suasana hati, dan pola pikir ibu.

Peran suami untuk cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui bisa dimulai dari sini. Dukung istri melakukan hobinya di sela-sela waktu luang mengurusi bayi. Suami juga bisa berperan membuat suasana nyaman dan bahagia bagi istri di rumah.

Baca Juga: Download Drama Korea A Good Day To Be A Dog Sub Indo, Dibintangi Cha Eun Woo

Pijat Payudara untuk Memperlancar ASI

Pijat payudara untuk cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui bisa dilakukan oleh Anda sendiri. Menurut Journal of Korean Academy of Nursing, pijat payudara yang tepat bisa membuat tubuh nyaman sehingga memperlancar produksi ASI.

Pijat Oksitosin dengan Dibantu Suami

Peran suami selanjutnya untuk cara melancarkan ASI adalah pijat. Lakukan pijat Oksitosin di tulang belakang istri pada daerah punggung atau pijat laktasi di kepala, leher, bahu, dan punggung agar istri merasa nyaman dan rileks.

Pijat tulang punggung belakang dengan gunakan kepalan tangan atau dua ibu jari suami. Selain melancarkan produksi ASI dan membuat tubuh rileks usai lelah menyusui, pijatan bisa mengurangi rasa nyeri usai proses bersalin.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Double Box Gratis 4 Minuman di Oktober 2023, Khusus Pulau Jawa!

Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Saat bicara cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui, memperhatikan asupan makanan dan minuman juga tidak kalah penting. Makan makanan gizi seimbang terutama kacang-kacangan, alpukat, sayuran hijau, dan makanan tinggi protein.

Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak setidaknya 2 liter per hari agar ASI lancar karena tubuh ibu menyusui membutuhkan air yang lebih banyak. Bila perlu, konsumsi suplemen atau booster ASI selama masa menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×