9 Cara Alami yang Ampuh Bikin Tekanan Darah Tinggi Jinak Lagi

Selasa, 29 November 2022 | 07:58 WIB Sumber: Kompas.com
9 Cara Alami yang Ampuh Bikin Tekanan Darah Tinggi Jinak Lagi

ILUSTRASI. Olahraga secara rutin bisa menurunkan tekanan darah tinggi seseorang.


KONTAN.CO.ID - Anda penderita darah tinggi? Alih-alih mengkonsumsi obat Anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan melakukan beberapa langkah berikut ini. 

Seseorang disebut memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi bila angka tekanan darahnya mencapai 130/90 mmHg atau lebih. Untuk menghindari beragam komplikasi, cara menurunkan darah tinggi perlu segera dilakukan. 

Jika tekanan darah Anda terus berada pada angka yang tinggi, risiko penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kerusakan mata, bahkan penurunan fungsi kognitif bisa mengincar. 

Baca Juga: Ini makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Upaya mengatasi kondisi hipertensi sebetulnya lebih diarahkan pada cara menurunkan darah tinggi lewat perubahan gaya hidup. Pasalnya, pola makan dan aktivitas bisa sangat mempengaruhi tekanan darah. 

Selain itu, perubahan gaya hidup sudah terbukti sama efektifnya dengan penggunaan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Apa alasannya? Modifikasi gaya hidup tidak menimbulkan efek samping seperti halnya penggunaan obat. 

Maka dari itu, cara ini menjadi pilihan pertama dalam upaya mengatasi hipertensi. Perubahan pola hidup yang diperlukan pun bukanlah secara besar-besaran. 

Hal utama yang dibutuhkan adalah kesediaan dan komitmen Anda dalam menjalaninya. Berikut ini beberapa perubahan sederhana yang bisa Anda upayakan demi menurunkan tekanan darah tinggi: 

1. Berolahraga secara rutin

Untuk pengidap hipertensi, olahraga minimal 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5 sampai 8 mmHg. Olahraga juga harus dilakukan dengan teratur. 

Baca Juga: Ini cara alami menurunkan asam lambung Anda

Pasalnya, ketika berhenti olahraga, tekanan darah akan naik kembali. Jenis olahraga yang dapat diterapkan sebagai cara menurunkan darah tinggi meliputi jalan kaki, jogging, berenang, dan bersepeda. 

Kombinasikan pula jenis-jenis olahraga ini dengan latihan angkat beban atau latihan kekuatan lain sebanyak dua kali per minggu. 

2. Menerapkan pola makan sehat dan seimbang

Pola makan sehat adalah menu makan harian yang banyak terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh (whole grain), dan produk-produk susu rendah lemak. 

Lewat menu makan yang seimbang, penderita darah tinggi bisa mengalami penurunan tekanan darah hingga 11 mmHg.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru