9 Bahan Alami Bisa Menjadi Obat Meredakan Sakit Gigi Anak-Anak & Dewasa

Kamis, 06 Januari 2022 | 13:26 WIB Sumber: Kompas.com
9 Bahan Alami Bisa Menjadi Obat Meredakan Sakit Gigi Anak-Anak & Dewasa

ILUSTRASI. 9 Bahan Alami Bisa Menjadi Obat Meredakan Sakit Gigi Anak-Anak & Dewasa

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak bahan alami sebagai obat untuk meredakan sakit gigi. Bahan alami bisa menjadi obat sakit gigi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Gigi mungkin adalah bagian kecil dari tubuh kita, tetapi jika sakit efeknya bisa sangat mengganggu aktivitas kita seharian. Sakit gigi bisa muncul karena gigi berlubang, infeksi atau abses gigi.

Mengutip Dental Housemi, sakit gigi umumnya diikuti dengan kondisi sebagai berikut:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Radang gusi
  • Kesulitan makan karena sakit saat mengunyah

Jika gejala berlanjut dianjurkan untuk pergi ke dokter. Namun, ada beberapa cara sederhana menggunakan bahan alami sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Baca Juga: Boleh Dicoba! Ini Bahan Alami yang Bisa Mencegah Batuk, Pilek, dan Flu

Berikut bahan-bahan alami sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa.

1. Berkumur air garam

Bahan alami pertama sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah air garam. Berkumur air garam adalah salah satu pengobatan mendasar yang bisa dilakukan orang saat sakit gigi.

Mengutip Healthline, air garam adlaah disinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Mengobati sakit gigi dengan berkumur air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan luka mulut. Untuk melakukan cara ini, kita hanya perlu mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres air dingin atau es

Bahan alami kedua sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah air dingin. Hal pertama lainnya yang bisa kita lakukan untuk meredakan sakit gigi adalah dengan mengompres bagian pipi di mana gigi sakit berada di dalamnya.

Mengutip Medical News Today, pengompresan air dingin atau es dapat menyempitkan pembuluh darah, memperlambat aliran darah ke daerah yang sakit. Itu bisa meredakan rasa sakit, mengurangi pembengkakan, dan peradangan.

Mengutip Healthline, pengompresan bisa dilakukan dengan membungkus es dengan handuk dan meletakkannya di pipi deekat area gigi yang sakit selama 20 menit setiap kalinya. Pengompresan bisa diulangi setiap beberapa jam.

3. Teh pappermint

Bahan alami ketiga sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah teh teh pappermint.

Mengutip Healthline, kantong teh celup pappermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif. Biarkan kantong teh bekas ditempelkan ke area gigi yang sakit.

Mengutip Medical News Today, cara lainnya adalah satu sendok teh daun peppermint kering dapat dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih dan direndam selama 20 menit. Setelah tidak panas atau dingin suhu ruangan, bisa untuk kumur, lalu dimuntahkan atau ditelan.

Beberapa tetes minyak peppermint pada kapas juga dapat dioleskan ke gigi yang sakit sebagai obat sementara.

4. Bawang putih

Bahan alami keempat sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah bawang putih. Bawang putih telah banyak digunakan untuk tujuan pengobatan sepanjang sejarah, salah satunya untuk meredakan sakit gigi.

Mengutip Medical News Today, satu siung bawang putih segar pertama-tama harus dihancurkan dan dicampur dengan sedikit garam. Setelah itu bisa dioleskan ke gigi yang sakit. Bawang putih dapat meredakan sakit gigi karena mengandung senyawa antibakteri yang disebut allicin. Tidak hanya bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, bawang putih juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri, seperti yang dikutip dari Healthline.

5. Ekstrak vanila

Bahan alami kelima sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah ekstrak vanila. Mengutip Healthline, ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Ekstrak vanila juga terbukti bersifat antioksidan yang membantu sebagai penyembuh yang efektif. Untuk menggunakan ekstrak vanila sebagai obat sakit gigi, pastikan keasliannya. Oleskan ekstrak vanila ke area gigi yang sakit dengan jari tangan atau kapas. Bisa lakukan itu beberapa kali sehari.

6. Cengkih

Bahan alami keenam sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah cengkih. Cengkih adalah rempah-remppah asli Kepulauan Maluku, Indonesia, yang mengandung eugenol (senyawa kimia yang bertindak sebagai anestesi alami).

Mengutip Medical News Today, cengkih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat memabntu melawan infeksi gigi dan gusi. Untuk meredakan sakit gigi, kita bisa merendam bola kapas ke dalam minyak cengkih untuk kemudian dioleskan ke area gigi yang sakit. Kita bisa juga menggunakan cengkih utuh dengan cara mengunyah perlahan cengkih hingga minyaknya keluar. Lalu tahan itu di gigi yang sakit sekitar 30 menit.

7. Daun jambu biji

Bahan alami ketujuh sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah daun jambu biji. Mengutip Healthline, daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka.

Selain itu, mengandung antimikroba yang dapat membantu dalam merawat kesehatan mulut. Untuk menggunakan daun jambu biji sebagai obat pereda sakit gigi, kita bisa mengunyah daun jambu biji segar. Cara lainnya adalah dengan menghancurkan daun jambu biji dan dimasukkan ke dalam air mendidih untuk nantinya dijadikan obat kumur.

8. Lidah buaya

Bahan alami kedelapan sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah lidah buaya. Mengutip Medical News Today, gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk membersihkan dan menenangkan gusi bengkak karena sakit gigi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami dan dapat membunuh kuman penyebab kerusakan gigi. Gel harus dioleskan ke area yang sakit dan pijat pipi di dekat gigi yang sakit dengan lembut.

9. Rumput gandum (wheatgrass)

Bahan alami kesembilan sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah rumput gandum. Mengutip Healthline, rumput gandum memiliki sifat penyembuh, seperti anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Rumput gandum mengandung banyak nutrisi, seperti kandungan klorofil yang tinggi yang bisa membantu melawan bakteri. Untuk membantu meredakan sakit gigi, rumput gandum bisa direbus untuk diminum atau sebagai obat kumur.

Itulah sejumlah bahan alami sebagai obat untuk meredakan sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa. Ingat, jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Bahan Alami untuk Redakan Sakit Gigi",


Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

 

Selanjutnya: Efek Risalah The Fed, Harga Bitcoin dan Sebagian Mata Uang Kripto Terjungkal

Editor: Adi Wikanto
Terbaru