8 Tanaman Herbal Ini Bisa Bantu Kurangi Masalah Diabetes, Murah dan Mudah Didapat

Rabu, 23 November 2022 | 15:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
8 Tanaman Herbal Ini Bisa Bantu Kurangi Masalah Diabetes, Murah dan Mudah Didapat

ILUSTRASI. 8 Tanaman Herbal Ini Bisa Bantu Kurangi Masalah Diabetes, Murah dan Mudah Didapat.


KONTAN.CO.ID -  Selain menggunakan obat-obatan kimia, Anda bisa mengurangi masalah penyakit diabetes dengan berbagai macam tanaman herbal.

Bersumber dari situs Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kadar insulin di dalam tubuh.

Orang dengan kondisi ini biasanya memiliki kadar gula darah tinggi, yang kemungkinan dapat menyebabkan komplikasi jika terus berlanjut.

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Namun, penderita diabetes dapat mengelola penyakit mereka dengan minum obat yang diresepkan dan mengikuti gaya hidup dan diet sehat.

Baca Juga: Jurusan Saintek & Soshum UGM yang Buka Kuota Terbanyak 2022, Pilihan PMB 2023

Selain itu, ada beberapa tanaman obat herbal untuk diabetes yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kondisi tubuh.

Meskipun demikian perlu diingat bahwa bahan alami ini tidak dapat menyembuhkan secara total, namun dapat membantu meringankan gejala dan mengurangi risiko komplikasi jika digunakan dengan benar.

Diabetes bisa saja muncul tanpa gejala, sayangnya cukup banyak orang hanya memperhatikan ketika diabetes telah berkembang di tubuh mereka sehingga gejala tersebut bahkan dapat menyebabkan komplikasi berbahaya.

Apa saja tanaman obat herbal yang bisa bantu meringankan gejala diabetes? Simak rangkumannya dari situs UMSU ini. 

Lidah buaya

Lidah buaya sangat populer sebagai bahan alami untuk kesehatan kulit dan perawatan rambut. Global Diabetes Community menyebutkan, tanaman ini efektif menjadi obat herbal untuk diabetes karena dapat menurunkan gula darah. 

Bahan aktifnya diketahui dapat meredakan luka diabetes dengan mengurangi pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan akibat komplikasi diabetes.

Ciplukan

Anda mungkin sering menemukan tanaman ini tumbuh liar di pekarangan rumah atau di kebun-kebun. Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu bahwa ciplukan memiliki banyak manfaat untu kesehatan. 

Pohon tanaman ini memiliki bunga unik berwarna kuning. Sedangkan buah ciplukan berbentuk bulat dan berwarna kuning kehijauan saat masih muda. 

Ciplukan dapat digunakan sebagai tanaman obat diabetes dengan merebus buahnya dan kemudian mengambil air rebusannya saja.

Baca Juga: Lowongan BUMN Jasa Raharja 2022 untuk Lulusan S1, Cek Syarat Daftarnya Ini

Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang telah lama dikenal memiliki manfaat kesehatan yang tidak terhitung jumlahnya.

Sebuah studi pada tahun 2015 oleh Journal of Ethnic Foods menemukan bahwa jahe juga mampu menurunkan gula darah tanpa mempengaruhi kadar insulin tubuh. 

Keunggulan jahe sebagai obat herbal untuk diabetes tidak hanya sebatas itu. Jahe dikenal dapat mencegah peradangan yang menyebabkan komplikasi mata terkait diabetes dan penyakit jantung.

Kunyit

Selain jahe, tanaman rimpang yang bagus untuk penderita diabetes adalah kunyit. 

Dengan mengkonsumsi obat herbal ini, penderita diabetes dapat menurunkan gula darahnya hampir 18 persen setelah mengkonsumsi 300 mg kunyit sebagai obat herbal per hari.

Kayu manis

Kayu manis sudah lama dipercaya dapat mengatasi masalah resistensi insulin yang menjadi salah satu penyebab diabetes. 

Obat herbal ini dipercaya mampu menurunkan gula darah setelah makan dan melawan peradangan karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa. 

Salah satu penelitian dari Journal of Diabetes Science and Technology menyebutkan, beberapa manfaat kayu manis khususnya dalam menangani masalah diabetes. 

Para peneliti mengatakan bahwa mengkonsumsi 1,3 atau 6 gram kayu manis per hari dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. 

Kayu manis juga mengurangi risiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Daun kelor

Daun kelor segar mengandung banyak sekali senyawa yang baik untuk tubuh seperti beta-karoten, thiamin, riboflavin, kalsium, vitamin C, karbohidrat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng. 

Daun kelor memiliki sifat anti-diabetes, oleh karena itu daun kelor dipercaya berkhasiat untuk mengobati diabetes.

Baca Juga: Daftar Minuman Ini Bisa Bikin Asam Lambung Naik, Wajib Dihindari Penderita Maag

Bawang putih

Bawang putih memiliki efek antioksidan dan mikrosirkulasi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sekresi dan memperlambat pemecahan insulin. 

Namun, perlu adanya penelitian lebih lanjut terhadap khasiat bawang putih untuk mengkonfirmasi hasil ini.

Daun sirsak

Daun sirsak ternyata dapat digunakan sebagai obat herbal khususnya untuk mengatasi diabetes. Sebuah penelitian tahun 2017 dari Pharmacognosy Research menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak diketahui mengandung polifenol dan flavonoid

Kedua senyawa ini bersifat anti-hiperglikemik, yang berarti dapat mengurangi pemecahan gula dari makanan dengan lebih mudah. Dengan kata lain, ekstrak daun sirsak berpotensi untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru