kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,85   -4,08   -0.41%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh Jika Rajin Dimakan Sehari-hari


Senin, 04 September 2023 / 11:27 WIB
8 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh Jika Rajin Dimakan Sehari-hari
ILUSTRASI. Manfaat lobak untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat lobak untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan bisa didapatkan jika dijadikan makanan sehari-hari. Selain itu, cara pengolahan juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaaf lobak secara maksimal.

Hal tersebut dikarenakan lobak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, tak heran mengkonsumsi lobak mampu memberikan manfaat dan berkhasiat bagi kesehatan.

Selain itu, lobak juga merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. Bukan tanpa alasan, lobak memiliki rasa yang khas dan lezat khususnya saat diolah menjadi sup sayur.

Baca Juga: 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan, Baik Untuk Organ Vital

Kandungan nutrisi dalam lobak di antaranya seperti seat, karbohidrat, protein, kalsium, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin B, zat besi, magnesium dan lain-lain.

Lalu apa saja manfaat lobak untuk kesehatan?

Melansir dari Healthify Me, ada beberapa manfaat lobak untuk kesehatan yang menarik diketahui, di antaranya:

1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat lobak untuk kesehatan yang luar biasa adalah mampu mencegah dan mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan lobak mengandung banyak nutrisi dan senyawa, salah satunya glukosinolat.

Senyawa ini melindungi sel Anda dari mutasi genetik yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, senyawa dalam lobak tersebut juga dapat membantu menghilangkan sel yang berpotensi tumbuh menjadi sel kanker di masa depan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan, Sudah Coba?

2. Melancarkan Pencernaan

Lobak termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak serat dan protein. Sehingga mengkonsumsi lobak mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit atau permasalahan pencernaan lainnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lobak berdampak positif pada pencernaan. Lobak juga dapat membantu tukak lambung dengan memperkuat lapisan perut dan melindungi jaringan lain di usus.

3. Mencegah Diabetes

Lobak juga memiliki kandungan glukosa yang rendah. Selain itu, mengkonsumsi lobak juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Artinya, lobak sangat cocok dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang mempunyai kadar gula darah tinggi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa lobak secara langsung meningkatkan respons insulin dan metabolisme glukosa.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lobak selanjutnya juga tak kalah penting yakni mampu menjaga kesehatan kulit. Banyaknya kandungan vitamin C dalam lobak mampue meningkatkan elastisitas kulit dan membantu produksi kolagen dan menutrisi struktur kulit, tulang dan jaringan ikat lainnya.

5. Menghidrasi Tubuh

Selain itu, mengkonsumsi lobak juga bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Pasalnya, lobak mengandung vitamin C dan mineral yang mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sehingga dapat menghindari kulit kering, sakit kepala dan gula darah tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Coba?

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Lobak juga merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan. Salah satunya flavonoid yang sangat membantu dalam mendukung kesehatan jantung.

Flavonoid dalam lobak juga berperan aktif mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol jahat.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tak berhenti disitu, mengkonsumsi lobak juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya, lobak mengandung kalium yang bersifat sebagai pengatur cairan dalam tubuh. Sehingga sangat berperan penting dalam mengontrol tekanan darah.

Lobak juga  mengandung kadar potasium yang cukup tinggi dan dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah bagi mereka yang menderita hipertensi. Selain itu, lobak melalui sintesis kolagen dapat memperkuat dinding pembuluh darah dan menurunkan risiko aterosklerosis.

Baca Juga: 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, melimpahnya kandungan vitamin C dalam lobak juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menangkal penyakit seperti flu atau flu biasa. Selain itu, kandungan vitamin C dalam lobak juga dapat mencegah penyakit yang lebih serius seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×