8 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat Ikan Patin


KONTAN.CO.ID - Ikan patin adalah ikan yang mudah ditemui di Indonesia. Ada sejumlah manfaat ikan patin untuk kesehatan karena kandungan gizinya yang beragam. 

Kandungan nutrisi ikan patin yang cukup tinggi adalah protein dan asam amino esensial. Dirangkum dari laman Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemkab Buleleng, daging ikan patin juga mengandung lisin dan arginine yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan protein susu dan daging. 

Lisin adalah asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan dasar antibodi, memperlancar sistem sirkulasi, dan mempertahankan pertumbuhan sel-sel normal. 

Ikan patin juga mengandung omega-3, meskipun lebih rendah daripada ikan laut. Omega-3 yang terkandung lebih didominasi oleh DHA, sedangkan kandungan EPA-nya cukup kecil, yakni kurang dari 1 persen.

Selain itu, masih ada sejumlah manfaat ikan patin karena kandungan gizinya. Lantas, apa saja manfaat ikan patin untuk kesehatan? 

Baca Juga: Orang Tua Harus Tahu, Ini Dia 5 Cara Mencegah Stunting pada Anak

Manfaat ikan patin 

Dirangkum dari laman Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemkab Buleleng serta Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jatim, berikut adalah seujumlah manfaat ikan patin:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat ikan patin yakni dapat menjaga daya tahan tubuh karena kandungan lisinnya. Bersama polin dan vitamin C, lisin akan membentuk jaringan kolagen serta mampu menurunkan kadar trigliserida darah yang berlebih. 

Oleh karena itu, lisin sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya tahan. Tubuh yang kekurangan lisin bisa menyebabkan mudah lelah, sulit berkonsentrasi, rambut rontok, anemia, pertumbuhan terhambat, dan gangguan reproduksi. 

Baca Juga: 5 Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis

2. Membantu mencegah kanker dan tumor 

Selanjutnya, manfaat ikan patin yakni mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kemampuan untuk melawan kanker, dan menghambat pertumbuhan tumor. 

Hal itu karena ikan patin mengandung arginine. Adapun arginine yang terkandung dalam daging ikan patin adalah asam amino nonesensial, tetapi dibutuhkan tubuh dan disintesis dalam jumlah terbatas sehingga kadang dibutuhkan dari sumber makanan. 

Peranan arginine sangat penting untuk meningkatkan imunitas, mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kemampuan untuk melawan kanker, dan menghambat pertumbuhan tumor.

3. Pencegahan penyakit kardiovaskular

Manfaat ikan patin juga dapat membantu pencegahan penyakit kardiovaskular. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin.

Baca Juga: Bikin Sehat! Inilah 5 Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet

4. Mengurangi kandungan kolesterol jahat 

Manfaat ikan patin juga bisa mengurangi kandungan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab, kandungan lemak tak jenuhnya dapat membantu dalam mengurangi jumlah kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. 

Manfaat ikan patin ini, juga terdapat pada Ikan Lele.

5. Mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan 

Mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan juga menjadi salah satu manfaat ikan patin. Hal ini disebabkan oleh kandungan DHA dan manfaat omega 3 yang kaya pada Ikan Patin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk :

  • Menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan
  • Menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal
  • Menjaga janin agar tetap sehat

Baca Juga: Masak Sahur Cuma 15 Menit, Ini Daftar 3 Resep Hidangan Telur Dadar Ala Jepang

6. Membantu pembentukan otot

Manfaat ikan patin selanjutnya adalah membantu pembentukan otot. Kandungan protein yang tinggi dari daging ikan patin, membuat daging ikan patin akan sangat efektif untuk:

  • Menambah massa otot
  • Memperkuat otot
  • Mengencangkan otot
  • Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh
  • Menambah kekuatan tubuh

7. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan patin juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Sebab, kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi ini akan membantu memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium tubuh dalam sehari. 

Selain itu, kalsium dan fosfor juga dapat berguna untuk :

  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Mencegah osteoporosis

8. Mencegah jantung koroner

Sama seperti kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya, lemak tak jenuh yang terkandung di dalam manfaat Ikan Patin membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung koroner. Hal ini karena lemak tak jenuh tidak mengendap dan menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah.

Demikian penjelasan mengenai sejumlah manfaat ikan patin untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru