kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,28   -14,21   -1.54%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Pir: Meningkatkan Kesehatan Usus dan Jantung


Sabtu, 07 Mei 2022 / 09:10 WIB
8 Manfaat Buah Pir: Meningkatkan Kesehatan Usus dan Jantung


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada segudang manfaat buah pir bagi kesehatan. Kandungan buah pir kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Buah pir memiliki rasa khas manis dan renyah saat digigit. Buah ini juga mudah ditemui di pasaran dan harganya relatif terjangkau.

Nah, berikut ini 8 manfaat buah pir kuning bagi kesehatan sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kaya nutrisi

Manfaat buah pir kuning adalah kaya akan nutrisi penting. Sebuah pir berukuran sedang (178 gram) menyediakan kalori sebanyak 101, protein 1 gram, karbohidrat 27 gram, dan serat serat 6 gram.

Kandungan buah pir lainnya yakni menyediakan vitamin C 12% dari kebutuhan harian, vitamin K 6%, dan kalium 4%. Dengan ukuran yang sama, manfaat buah pir juga menyediakan sejumlah kecil folat, provitamin A, dan niasin.

Baca Juga: Cara Mengobati Kutil di Tubuh Secara Aman dengan Bahan Alami

Folat dan niasin penting untuk fungsi sel dan produksi energi, sementara provitamin A mendukung kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

Manfaat buah pir kuning juga sumber mineral penting, seperti tembaga dan kalium. Tembaga berperan dalam kekebalan, metabolisme kolesterol, dan fungsi saraf, sedangkan kalium membantu kontraksi otot dan fungsi jantung.

Terlebih lagi, manfaat buah pir juga sebagai sumber antioksidan polifenol yang sangat baik, yang melindungi dari kerusakan oksidatif.

2. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Manfaat buah pir kuning adalah sumber serat larut dan tidak larut yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat ini membantu menjaga usus agar teratur memproduksi tinja. Satu buah pir berukuran sedang (178 gram) mengandung 6 gram serat atau sekitar 22% dari kebutuhan serat harian.

Selain itu, serat larut memberi makan bakteri sehat di usus. Karena itu, bakteri ini dianggap sebagai prebiotik, yang terkait dengan penundaan penuaan dan peningkatan kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Buah Yang Ampuh Menurunkan Gula Darah, Patut Dicoba




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×