kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis


Selasa, 21 Februari 2023 / 10:16 WIB
8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis
ILUSTRASI. Manfaat buah leci untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah leci untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian untuk diketahui. Hal tersebut dikarenakan manfaat buah leci untuk kesehatan sudah teruji secara klinis.

Banyaknya manfaat buah leci untuk kesehatan itu dikarenakan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kandungan nutrisi buah leci di antaranya vitamin C, kalium, magnesium, protein, serat dan masih banyak lagi. 

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah leci juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan dan penyedap rasa. Hal tersebut dikarenakan buah leci memiliki rasa yang khas.

Baca Juga: Catat Ya! 5 Manfaat Buah Stroberi Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Penasaran apa saja manfaat buah leci untuk kesehatan?

Melansir dari Pharmeasy, simak beberapa manfaat buah leci untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah leci untuk kesehatan di antaranya mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa dalam buah leci mampu mengontrol tekanan darah dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Cek Yuk 5 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

2. Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi buah leci secara rutin juga baik untuk kesehatan otak. Contohnya, ekstrak biji buah leci dapat membantu penyakit alzheimer. Hal tersebut dikarenakan buah leci mengandung senyawa saponin yang dapat meningkatkan fungsi kognitif.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah leci juga termasuk salah satu jenis buah yang sangat cocok dikonsumsi penderita obesitas. Pasalnya, mengkonsumsi buah leci mampu membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, buah leci juga mengandung banyak serat dan nutrisi. Sehingga sangat cocok dikonsumsi saat menjalankan program menurunkan berat badan.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh, Cek Lagi Yuk!

4. Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah organ penting yang bertanggung jawab untuk detoksifikasi dan pengaturan metabolisme nutrisi. Polifenol yang ada dalam buah leci dapat mengurangi tingkat kerusakan atau penyakit hati. 

5. Mencegah Diaebetes

Manfaat buah leci untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mencegah dan mengontrol diabetes atau penyakit gula darah tinggi.

Dilansir dari Pharmeasy,  Menurut beberapa penelitian, polifenol dalam buah leci dapat membantu mengelola diabetes. Polifenol dalam ekstrak biji buah leci juga dapat memperbaiki gejala diabetes seperti sering buang air kecil, polidipsia (sangat haus) dan hiperfagia (rasa lapar terus-menerus).

Baca Juga: 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Cek Ya!

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa buah leci mengandung banyak antioksidan dan nutrisi. Salah satunya vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal berbagai macam radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

7. Mengatasi Stres

Buah leci juga mengandung polifenol dan polisakrida yang melimpah. Senyawa ini memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, yang dapat membantu kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas termasuk menjaga suasana hati. 

Sehingga mengkonsumsi buah leci secara rutin mampu mengurangi rasa stres.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

8. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah leci untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan adalah mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, buah leci mengandung antikanker yang telah terbukti mampu menghentikan pertumbuhan kanker tertentu.

Dilansir dari Pharmeasy, ekstrak buah leci memiliki manfaat antikanker terhadap kanker paru-paru, kanker hati dan kanker prostat. Namun, pastikan Anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×