kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,49   -13,02   -1.39%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ya!


Sabtu, 04 Februari 2023 / 09:35 WIB
8 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ya!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang cukup menarik perhatian. Selain itu, manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat buah kelengkeng tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi buah tersebut. Beragam nutrisi dalam buah kelengkeng mampu memperkuat sistem imunitas tubuh dan menghindari berbagai penyakit.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah kelengkeng di antaranya seperti vitamin C, vitamin B, serat, kalsium, zat besi, kalium, antioksidan serta masih banyak lagi nutrisi penting lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah kelengkeng juga mempunyai rasa yang enak untuk dikonsumsi. Rasa manisnya yang khas dan daging buah yang lembut membuah buah kelengkeng lezat untuk dikonsumsi langsung.

Bahkan, tak jarang juga buah kelengkeng kerapa diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga penyedap rasa sekalipun.

Lantas apa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan?

Melansir dari HealthifyMe, berikut beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Ingatan

Salah satu manfaat buah kelengkeng yang masih jarang diketahui adalah mampu meningkatkan ingatan atau memori. Hal tersebut dikarenakan buah kelengkeng bersifaat nootropik yang mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah kelengkeng secara rutin mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit alzheimer.

Baca Juga: 7 Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah kelengkeng mengandung banyak vitamin C yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah lengkeng mampu mengurangi kerusakan oksidatif dalam kulit. Sehingga dengan mengkonsumsi buah kelengkeng mampu membuat kulit lembap dan tampak lebih cerah

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang mengidap insomnia sebaiknya patut mencoba mengkonsumsi buah kelengkeng. Pasalnya, buah kelengkeng mampu menurunkan kecemasan dan sering digunakan obat alami untuk meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan? Simak Yuk!

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya yaitu mampu meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat tersebut tak lepas dari banyaknya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah kelengkeng. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah kelengkeng mampu menangkal berbagai macam radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

5. Meningkatkan Libido

Uniknya buah kelengkeng juga bermanfaat sebagai suplemen tradisional untuk meningkatkan gairah seksual bagi pria dan wanita. Oleh sebab itu, mengkonsumsi ekstrak buah kelengkeng patut dicoba bagi Anda yang mempunyai masalah seksual.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah kelengkeng juga bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga dengan mengkonsumsi buah kelengkeng Anda bisa terhindar dari anemia.

Selain itu, sejumlah kecil zat besi dalam buah lengkeng dapat merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi.

7. Mencegah Penyakit Kronis

Antioksidan dalam buah kelengkeng dapat melawan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit kronis terutama pada jaringan atau organ. Contohnya, seperti stroke hingga penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Yuk!

8. Sumber Energi

Jika Anda ingin mengganti kafein, maka buah kelengkeng bisa menjadi pilihan yang ideal. Buah yang berair ini bisa memberikan lonjakan energi instan. Selain itu,  buah lengkeng memiliki jumlah gula yang bekerja dengan sangat baik sebagai penambah energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×