kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Makanan Berlemak Sehat atau Tak Jenuh yang Menyehatkan Tubuh


Selasa, 25 Juli 2023 / 12:32 WIB
8 Makanan Berlemak Sehat atau Tak Jenuh yang Menyehatkan Tubuh
ILUSTRASI. 8 Makanan Berlemak Sehat atau Tak Jenuh yang Menyehatkan Tubuh


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Berlemak Sehat - JAKARTA. Cek daftar makanan lemak sehat atau tak jenuh yang mudah ditemui. Makanan berlemak berikut ini tentu tidak asing bagi sebagian orang yang tentu bisa menyehatkan tubuh.

Makanan berlemak sehat atau lemak tak jenuh merupakan jenis makanan yang mengandung lemak sehat, yang penting untuk tubuh karena memberikan banyak manfaat kesehatan.

Lemak sehat membantu fungsi normal tubuh, menyediakan energi, membantu penyerapan vitamin tertentu, dan berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh.

Selain itu, lemak berperan penting dalam memenuhi kebutuhan energi dan mendukung fungsi organ vital.

Baca Juga: Ini 5 Bahan Pemanis Selain Gula Pasir yang Rendah Glukosa

Makanan berlemak sehat atau tak jenuh

Melansir dari American Heart Association (AHA), Lemak Tak Jenuh Tunggal bisa menyumbangkan antara 20-35% dari total kalori harian. 

Penting untuk membedakan lemak sehat dengan lemak jenuh atau trans yang kurang sehat. Tentu hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Makanan berikut ini mulai dari buah-buahan, kacang-kacangn, hingga olahan biji-bijan dapat menjadi sumber lemak sehat atau tak jenuh.

Simak beberapa pilihan makanan lemak sehat atau tak jenuh yang bisa menjadi referensi dirangkum dari Verywell Health.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih agar Efektif Menurunkan Berat Badan

Makanan lemak sehat atau tak jenuh

Berikut adalah beberapa makanan berlemak sehat yang baik untuk tubuh:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Salah satu sumber makanan lemak sehat adalah kacang dan sejenisnya Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, kacang tanah, dan kacang mete mengandung lemak tak jenuh tunggal dan poliunsaturasi.

Penelitian ungkap bahwa sumber lemak nabati ini cukup baik untuk kesehatan jantung sehingga wajib dikonsumsi secara rutin dan wajar.

2. Alpukat

Salah satu buah-buahan yang menjadi sumber lemak tak jenuh adalah alpukat. Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung, serta serat, vitamin E, dan kalium.

Sebagai sumber lemak nabati, olahan Alpukat bisa menjadi pilihan agar mudah dikonsumsi.

3. Ikan berlemak

Sarden

Nah, Anda wajib memilih menu makanan ikan dalam pemenuhan lemak sehat setiap hari. Jenis ikan seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, dan sering digunakan dalam diet Mediterania yang sehat. 

Anda bisa mencampurkan Minyak Zaitun ke dalam menu Salad atau masakan lain agar tubuh mendapatkan sumber lemak nabati baik.

5. Biji-bijian

Perbedaan Chia Seed vs Biji Selasih

Nah, makanan lain yang patut dicoba adalah biji-bijian. Sumber lemak sehat dari biji chia, biji rami, biji bunga matahari, dan biji bunga canola adalah makanan berlemak sehat dan serat.

Anda bisa memadukan biji-bijian ke dalam kreasi minuman sehat agar bersemangat megonsumsinya.

6. Minyak kelapa

Selain itu, ada juga minyak kelapa mengandung lemak rantai menengah yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi oleh tubuh. Bahkan, sumber lemak sehat ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

7. Kacang kedelai dan produk kedelai

Tempe

Makanan olahan dari kedelain seperti tahu, tempe, dan susu kedelai adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan protein nabati. Dengan harga yang murah, Anda bisa memenuhi kebutuhan lemak nabati yang menyehatkan.

8. Dark chocolate (cokelat hitam)

Cokelat hitam yang tinggi kandungan kakao mengandung lemak tak jenuh dan antioksidan. Pastikan Anda bisa konsumsi cokelat yang tidak mengandung tinggi gula agar tubuh tetap sehat.

Penting untuk mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah yang seimbang sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan.

Dengan menggantikan lemak jenuh dan trans dengan lemak sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kesejahteraan umum. 

Demikian informasi terkait daftar makanan berlemak sehat atau tak jenuh yang bisa menjadi referensi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×