​8 Cara mudah dalam mengatasi kulit kusam

Senin, 28 Desember 2020 | 11:25 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​8 Cara mudah dalam mengatasi kulit kusam

ILUSTRASI. Perawatan wajah.

KONTAN.CO.ID - Kulit kusam memang menjadi masalah bagi sebagian perempuan. Paparan matahari, pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama masalah kulit termasuk kulit kusam. 

Sebenarnya kulit kusam dapat dihilangkan menggunakan produk perawatan kulit maupun cara alami. Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit kusam?

Cara mengatasi kulit kusam 

Dirangkum dari laman Healthline, berikut 8 cara mudah untuk mengatasi kulit kusam: 

1. Lakukan double cleansing 

Hapus make-up dan kotoran yang menempel di wajah Anda secara lembut dan terapkan double-cleansing. Gunakan minyak pembersih terlebih dahulu untuk menghilangkan riasan dan tabir surya tanpa mengupas dan merusak lapisan atas kulit Anda. 

Kemudian, cuci muka secara lembut menggunakan sabun pembersih. Hindari scrub yang kasar dan sabun pengering, yang dapat menyebabkan iritasi kulit, sobekan kecil, kemerahan, sesak, dan kulit bersisik.

Baca Juga: Mudah dipraktikkan, inilah perawatan wajah untuk ibu menyusui

2. Hindari membasuh muka menggunakan air panas

Air panas dapat menghilangkan minyak alami, yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit. Hal ini juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh superfisial, yang dapat membuat kulit tampak merah, tetapi hanya untuk sementara.

Sebagai gantinya, gunakan air hangat saat membersihkan wajah Anda. Pilih juga pembersih yang melembapkan dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu mempertahankan kelembapan.

Baca Juga: Manfaat lobak untuk kesehatan, banyak kandungan vitamin C

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru