CLOSE [X]

8 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Jumat, 13 Agustus 2021 | 13:57 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

ILUSTRASI. Ilustrasi Liputan Khusus Kesehatan bau badan./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/04/2012.


KONTAN.CO.ID - Bau di ketiak seringkali cukup menganggu, bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. Tapi jangan khawatir, sebab ada sejumlah cara menghilangkan bau ketika secara alami.

Bau ketiak sendiri diakibatkan oleh kelenjar keringat yang memiliki peran menjaga suhu tubuh tetap stabil saat kondisi panas. Keringat ini mengandung lemak dan protein yang diurai oleh bakteri.

Kandungan lemak dan protein inilah kemudian bercampur dengan bakteri. Protein dan lemak akan dipecah oleh bakteri dan menghasikan bau tidak sedap. 

Selain di ketiak, bau tidak sedap lazim muncul pada sela-sela tubuh seperti selangkangan dan sekitar payudara. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak secara alami? 

Baca Juga: Tak pernah ketinggalan zaman, miliki pakaian ini di lemari

8 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Berikut ini 8 cara menghilangkan bau ketiak secara alami tanpa obat-obatan sebagaimana dilansir dari Scoophwoop:

1. Cuka apel

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami salah satunya dengan menggunakan cuka apel. Caranya, langsung oleskan cuka sari apel ke ketiak Anda. Sifat antimikroba dan asam dalam cuka apel dapat menghancurkan bakteri penyebab bau.

2. Lemon

Lemon sudah lama dikenal sebagai obat penghilang bau badan. Untuk melenyapkan bau tidak sedap di ketiak, oleskan langsung potongan lemon di ketiak. 

Anda juga bisa mencampur perasan lemon dengan soda kue, campuran keduanya efektif membunuh bakteri penyebab bau badan. 

3. Alkohol

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan memakai alkohol. Gosokkan alkohol encer dengan lembut pada ketiak Anda untuk menutup pori-pori yang terbuka dan menghilangkan keringat yang menyebabkan bau tak sedap.

Baca Juga: Coba Produk Pemutih Viral Ini Yuk, Bisa untuk Ketiak Hingga Lipatan Kulit Lainnya

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru