kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Mudah dan Ampuh


Rabu, 29 Juni 2022 / 15:19 WIB
8 Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Mudah dan Ampuh


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Cara mengatasi kulit kusam dapat disimak di artikel ini. Kulit kusam memang menjadi masalah bagi sebagian perempuan. 

Paparan matahari, pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama masalah kulit termasuk kulit kusam. 

Sebenarnya, ada cara mengatasi kulit kusam secara alami. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit kusam?

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Daun Sirih untuk Perawatan Kulit

Cara mengatasi kulit kusam 

Cara mengatasi kulit kusam

Dirangkum dari laman Healthline, berikut 8 cara mengatasi kulit kusam yang mudah dilakukan di rumah: 

1. Lakukan double cleansing 

Cara mengatasi kulit kusam yang pertama adalah dengan melakukan double cleansing. Yakni, hapus make-up dan kotoran yang menempel di wajah Anda secara lembut.

Gunakan minyak pembersih terlebih dahulu untuk menghilangkan riasan dan tabir surya tanpa mengupas dan merusak lapisan atas kulit Anda. 

Kemudian, lakukan pencucian kedua dengan pembersih lembut untuk menghilangkan minyak. Hindari scrub yang kasar dan sabun pengering, yang dapat menyebabkan iritasi kulit, sobekan kecil, kemerahan, sesak, dan kulit bersisik.

2. Hindari membasuh muka menggunakan air panas

Selanjutnya, cara mengatasi kulit kusam adalah hindari membasuh muka dengan air panas. Sebab, air panas dapat menghilangkan minyak alami, yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit. 

Hal ini juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh superfisial, yang dapat membuat kulit tampak merah, tetapi hanya untuk sementara. Sebagai gantinya, gunakan air hangat saat membersihkan wajah Anda.

Pilih juga pembersih yang melembapkan dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu mempertahankan kelembapan.

Baca Juga: Kulit Terlihat Pucat? Inilah 6 Penyebabnya yang Perlu Anda Tahu

3. Jadikan eksfoliasi sebagai bagian dari rutinitas

Kemudian, cara mengatasi kulit kusam adalah rutin lakukan eksfoliasi. Eksfoliasi secara teratur adalah kunci untuk kulit yang bercahaya. 

Sebab, penumpukan sel kulit mati di lapisan luar kulit dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan bersisik, bahkan dapat menyumbat pori-pori. 

Eksfoliasi secara teratur dapat mencegah hal ini terjadi. Eksfoliasi juga membantu menghaluskan kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus dan memperhalus tekstur kulit Anda.

Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu dan tingkatkan frekuensinya yang dapat ditoleransi oleh kulit Anda. 

4. Tambahkan serum di rutinitas skincare

Kemudian, cara mengatasi kulit kusam adalah dengan menggunakan serum secara teratur. Serum wajah mengandung bahan-bahan konsentrasi tinggi yang membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Karena serum cepat terserap ke dalam kulit Anda, Anda bisa mengaplikasikannya sekali atau dua kali sehari setelah wajah dibersihkan.

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Inilah Kandungan Ikan Salmon dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Gunakan masker wajah

Cara mengatasi kulit kusam

Rutin menggunakan masker wajah minimal satu minggu sekali juga menjadi cara mengatasi kulit kusam dan membuatnya bersinar.  Secara umum, Anda bisa menggunakan masker wajah 1 hingga 3 kali seminggu, namun hal ini tergantung produk dan jenis kulit Anda.

Sebisa mungkin cari masker yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter, bahan pelembab dan pencerah lainnya. 

6. Maksimalkan pelembap Anda

Selanjutnya, cara mengatasi kulit kusam yakni dengan rutin menggunakan pelembap wajah. 

Menggunakan pelembap wajah dua kali sehari dengan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengobati berbagai jenis dermatitis.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Tepat Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

7. Merangsang pertumbuhan kolagen dengan retinoid

Retinoid, yang merupakan turunan vitamin A, telah terbukti secara ilmiah merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit. Retinoid membantu mengelupas sel kulit yang lebih tua dan membawa sel kulit baru yang segar ke permukaan. 

Sehingga, menggunakan produk dengan retinoid juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit kusam. Direkomendasikan untuk menggunakan produk berbahan retinoid 2 kali dalam seminggu dan kemudian meningkatkan frekuensinya saat kulit Anda terbiasa dengan bahan tersebut. 

8. Pakai tabir surya setiap hari

Terakhir, cara mengatasi kulit kusam yakni dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Hal itu dapat membantu mencegah kerusakan akibat UV, termasuk hiperpigmentasi kulit, bintik-bintik coklat penuaan, dan tekstur kasar dan kusam. 

Demikian cara mengatasi kulit kusam yang mudah dilakukan di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×