8 Buah Ini Bisa Bikin Kadar Asam Urat Dalam Tubuh Tak Berkutik

Selasa, 29 November 2022 | 07:23 WIB Sumber: Kompas.com
8 Buah Ini Bisa Bikin Kadar Asam Urat Dalam Tubuh Tak Berkutik

ILUSTRASI. Agar jaringan sendi tetap berfungsi optimal hingga tua nanti, penderita asam urat sangat disarankan untuk mengatur makanan.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Agar jaringan sendi tetap berfungsi optimal hingga tua nanti, penderita asam urat sangat disarankan untuk mengatur makanan.

Tak hanya itu, penyesuaian makanan untuk penderita asam urat perlu dilakukan guna mencegah terjadinya serangan nyeri asam urat yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Melansir Health Line, penyebab penyakit asam urat adalah pembentukan kristal urat di jaringan tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi di sekitar sendi dan menghasilkan jenis arthritis yang menyakitkan.

Dalam banyak kasus, penyebab pasti penyakit asam urat yang juga dikenal sebagai gout atau hiperurisemia ini memang tidak diketahui.

Namun, dokter meyakini penyakit asam urat paling mungkin terjadi karena kombinasi dari faktor keturunan, hormonal, dan makanan.

Oleh sebab itu, pengaturan makanan sangat diperlukan untuk pengendalian penyakit asam urat. Salah satu cara yang baik dilakukan, yakni memilih buah untuk mengobati asam urat.

Baca Juga: Berikut manfaat temulawak sebagai obat herbal penumpas penyakit

Melansir berbagai sumber, berikut ini ragam buah yang baik dikonsumsi bagi penderita asam urat:

1. Sirsak

Melansir Buku Terapi Jus untuk Rematik & Asam Urat (2004) oleh dr. Prapti Utami dan Tim Lentera, setiap 100 gram buah sirsak mengandung protein 1 gram, lemak 0,3 gram, kabohidrat 16,3 gram, kalsium 14 mg, fosfor 27 mg, serat 2 gram, dan zat besi 0,6 mg.

Baca Juga: 6 Manfaat daun pandan untuk kesehatan

Selain itu, sirsak juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada sirsak dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menghambat produksi enzim xantin oksidase yang bisa menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

Tak hanya itu, sirsak dilaporkan dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati batu empedu, antisembelit, dan meningkatkan nafsu makan.   

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru