kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,24   -23,49   -2.53%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Rekomendasi Makanan dan Minuman Sehat selama Perjalanan Mudik Lebaran


Rabu, 19 April 2023 / 07:23 WIB
7 Rekomendasi Makanan dan Minuman Sehat selama Perjalanan Mudik Lebaran
ILUSTRASI. 7 Rekomendasi Makanan dan Minuman Sehat selama Perjalanan Mudik Lebaran


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daftar makanan dan minuman sehat selama perjalanan mudik Lebaran. Beberapa rekomendasi makanan berikut ini diklaim menjaga kondisi tubuh bagi pemudik yang menempuh perjalanan jarak jauh.

Makanan dan minuman sehat dapat membantu membuat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman dan membantu menjaga energi selama perjalanan.

Terlebih lagi, saat kondisi puasa, sebaiknya konsumsi makanan dan minuman sehat pada saat sahur.

Pilihan makanan bekal tentu menjadi bagian penting dari pengalaman perjalanan darat, dan bepergian untuk makan adalah pendorong yang meningkat (maksud kata-kata) dari perencanaan rencana perjalanan.

Baca Juga: 10 Tips Persiapan Mengemudi Jarak Jauh dengan Mobil untuk Mudik Lebaran 2023

Makanan dan minuman sehat saat perjalanan mudik

Penelitian Destination Analysts di Amerika Serikat, lebih dari 20% pelancong memilih makanan dan minuman yang berpengaruh selama perjalanan jauh.

Alasan Memilih Makanan dan Minuman Sehat

Tentu, memilih makanan yang tepat untuk perjalanan jauh memiliki beberapa alasan yang penting, di antaranya:

  • Menjaga energi dan kesehatan: Perjalanan jauh dapat membuat tubuh merasa lelah dan lelah. Dengan memilih makanan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki cukup energi untuk menjalani perjalanan dan menjaga kesehatan tetap terjaga.
  • Menghemat waktu dan uang: Membawa makanan sendiri selama perjalanan jauh dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang. Dengan membawa makanan sendiri, Anda tidak perlu berhenti untuk makan atau membeli makanan yang mahal di rest area atau tempat perhentian lainnya.
  • Menghindari lapar dan dehidrasi: Lapar dan dehidrasi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman selama perjalanan jauh. Dengan membawa makanan dan minuman yang cukup, Anda dapat menghindari rasa lapar dan dehidrasi yang tidak perlu.
  • Meningkatkan kenyamanan: Makanan yang dipilih secara tepat dapat membantu meningkatkan kenyamanan selama perjalanan jauh. Pilihlah makanan yang mudah dikonsumsi dan tidak terlalu berat, seperti makanan ringan, sehingga tidak perlu khawatir tentang makanan yang tidak nyaman selama perjalanan.

Simak beberapa makanan dan minuman untuk perjalanan mudik dilansir dari Drift Travel.

Baca Juga: Intip 8 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama Saat Berpuasa

Makanan dan Minuman Sehat untuk Perjalanan Jauh

Berikut beberapa contoh makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk perjalanan jauh.

1. Air mineral

Minuman sehat untuk perjalanan mudik

Salah satu pilihan minuman yang wajib dibawa untuk perjalanan mudik adalah Air Mineral. Keberadaan jenis air minum ini penting dalam jumlah yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu menghindari dehidrasi.

2. Buah-buahan segar

Selain itu, makanan sehat yang bisa menjadi opsi untuk menemani perjalanan jauh adalah buah-buahan. Buah dapat memberikan energi dan vitamin yang dibutuhkan selama perjalanan jauh.

Pilihalah buah yang mudah dikonsumsi seperti jeruk, apel, dan pisang yang juga mudah dibawa dan tidak memerlukan banyak persiapan.

3. Sayuran segar

Minuman sehat untuk perjalanan mudik

Sayuran seperti wortel dan selada dapat menjadi camilan sehat yang mudah dibawa dan memberikan nutrisi yang penting. Anda bisa membuat opsi olahan seperti salah sayur yang menyehatkan dan ramah di kantong.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan kacang kedelai kaya akan protein, serat, dan lemak sehat, membuatnya menjadi camilan sehat yang memberikan energi.

Memasukkan kacang-kacangan dan buah-buahan kering akan memberi Anda manfaat dan nutrisi, 

5. Roti gandum

Makanan sehat untuk perjalanan mudik

Kemudian, makanan sehat untuk perjalanan mudik lainnya adalah Roti Gantum. Jenis roti ini menjadi sumber karbohidrat yang baik, memberikan energi yang diperlukan selama perjalanan.

Bahkan, roti gandum dapat menggantikan sumber karbohidrat lain seperti nasi yang memiliki kadar glukosa tinggi pemicu kantuk.

6. Kudapan sehat

Camilan seperti granola bar, yogurt, atau popcorn dapat menjadi pilihan camilan sehat yang mudah dibawa. Pemilihan camilan sehat tentu bermanfaat untuk dibawa dalam perjalanan darat atau perjalanan jauh termasuk snack bar dan protein bar.

Pasalnya, jajanan ini menyediakan berbagai macam nutrisi yang berbeda, mulai dari yang tinggi protein hingga menyediakan serat atau biji-bijian. 

7. Smoothies

Minuman sehat untuk perjalanan mudik, Smoothies bayam

Smoothie dan shake menjadi minuman yang enak untuk dibuat dan dikonsumsi saat Anda sedang dalam perjalanan dan bepergian.

Hal ini karena smoothie mudah dan cepat dibuat serta memberi Anda banyak nutrisi dan vitamin yang Anda dapatkan dari buah-buahan dan bahan lainnya.

Anda juga mendapatkan gula alami yang membantu Anda tetap waspada dan berenergi apakah Anda sedang dalam perjalanan atau keluar dan aktif.

Hindari Makanan Berat

Sebagai pemudik yang menempuh perjalanan jauh sebaiknya menhindari makanan yang berlemak tinggi, berat, atau berbau kuat selama perjalanan jauh.

Pemilihan makanan ini dapat membuat Anda merasa kembung atau tidak nyaman saat berkendara.

Selain itu, perhatikan juga porsi makanan dan jangan makan terlalu banyak untuk menghindari rasa kembung dan tidak nyaman selama perjalanan.

Dampaknya, pengemudi dapat merasakan rasa kantuk lebih cepat dan lelah karena tubuh melakukan pekerjaan yang lebih berat.

Jadi, memilih makanan untuk perjalanan jauh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan, kenyamanan, dan menghemat waktu serta uang.

Demikian beberapa informasi rekomendasi makanan dan minuman sehat untuk perjalanan mudik Lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×