7 Perbedaan Cacar Monyet, Cacar Air, dan Cacar Lainnya, Wajib Tahu

Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:59 WIB Sumber: Kompas.com
7 Perbedaan Cacar Monyet, Cacar Air, dan Cacar Lainnya, Wajib Tahu

ILUSTRASI. Kini kita mesti ekstra waspada jika mendapati gejala ruam dan munculnya bintik-bintik berisi cairan atau nanah.


KONTAN.CO.ID - Jika dilihat sekilas, masyarakat awam barangkali susah mengenali perbedaan cacar monyet dan cacar air serta penyakit cacar lainnya yang mirip. 

Seiring mewabahnya monkeypox atau cacar monyet yang tengah menjadi masalah kesehatan global, kini kita mesti ekstra waspada jika mendapati gejala ruam dan munculnya bintik-bintik berisi cairan atau nanah. 

Untuk mengenal lebih dekat ketiga penyakit ini, simak perbedaan cacar monyet, cacar air, dan cacar yang sekilas mirip berikut. 

Perbedaan cacar monyet, cacar air, dan cacar lainnya

Ada beberapa perbedaan cacar monyet (monkeypox), cacar air (chickenpox), dan cacar (smallpox) yang perlu Anda ketahui: 

1. Penyebab penyakit 

Penyebab cacar monyet adalah virus monkeypox dari genus orthopoxvirus dalam keluarga poxviridae. Sedangkan penyebab cacar air adalah virus varicella zooster. Sementara penyebab cacar adalah virus variola dari genus orthopoxvirus. 

2. Penularan penyakit 

Penyakit cacar monyet menular dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia. Sedangkan penyakit cacar air dan cacar hanya menular dari manusia ke manusia. 

3. Gejala 

demam Demam gejala cacar monyet umumnya berlangsung selama 1-5 hari sebelum ruam muncul. Pada cacar air, gejala demam terjadi 1-2 hari sebelum ruam muncul. Sedangkan demam gejala cacar muncul 2-4 hari sebelum ruam muncul. 

4. Gejala ruam 

Ruam dan bintik-bintik berisi cairan atau nanah gejala cacar monyet umumnya muncul dari wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk telapak tangan dan kaki. Ruam yang keras dan kenyal ini bakal membentuk keropeng sebelum sembuh. 

Sedangkan ciri-ciri ruam cacar air biasanya disertai gatal dan kulit seperti melepuh. Ruam yang mudah pecah ini muncul di dada, punggung, wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Tidak ada ruam yang muncul di telapak tangan dan kaki. 

Sementara itu, ruam gejala cacar biasanya dimulai dengan munculnya bintik-bintik merah kecil di lidah dan mulut. Ruam ini lantas menyebar ke wajah, lengan, kaki, telapak tangan dan kaki. Ruam juga membentuk keropeng sebelum sembuh. 

5. Masa inkubasi 

Masa inkubasi atau waktu ketika penderita terpapar virus sampai merasakan gejala penyakit cacar monyet berlangsung sekitar 5-21 hari. Untuk penyakit cacar air, masa inkubasinya selama 10-21 hari. 

Sedangkan untuk penyakit cacar, masa inkubasinya selama 7-19 hari. 

6. Kondisi kelenjar getah bening 

Gejala cacar monyet ditandai dengan kelenjar getah bening bengkak. Terutama di leher, ketiak, atau selangkangan. Sedangkan gejala cacar air dan cacar tidak disertai pembengkakan kelenjar getah bening. 

7. Lamanya gejala penyakit sampai sembuh 

Penderita biasanya merasakan gejala cacar monyet sampai sembuh sekitar 2-4 minggu. 

Sedangkan penyakit cacar air relatif singkat hanya 4-7 hari. Sementara penyakit cacar juga bisa berlangsung sampai 5 minggu. 

Setelah menyimak perbedaan cacar monyet, cacar air, dan cacar di atas, kini Anda bisa lebih mengenali ketiga penyakit di atas. Namun, untuk memastikan penyakit di atas, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Perbedaan Cacar Monyet, Cacar Air, dan Cacar yang Sekilas Mirip"
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru