7 Penyebab Sakit Kepala yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati!

Rabu, 01 Juni 2022 | 12:33 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Penyebab Sakit Kepala yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati!

ILUSTRASI. Penyebab sakit kepala.


KONTAN.CO.ID - Sakit kepala termasuk salah satu gangguan kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Penyebab sakit kepala bisa dipengaruhi banyak faktor yang juga bisa membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada jika mengalami sakit kepala.

Sakit kepala adalah salah satu kondisi yang kurang nyaman dan berbahaya jika dibiarkan karena bisa menjadi risiko gejala berbagai penyakit serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sakit kepala yang Anda alami. 

Sebenarnya cukup banyak obat yang mampu meredaka sakit kepala yang dijual dipasaran. Namun, agar tidak menimbulkan efek samping yang memperburuk sakit kepala disarankan untuk memeriksa ke dokter atau tenaga medis terdekat. 

Baca Juga: Daftar Harga iPad Pro, iPad 8 dan Seri Lain di iBox Per Akhir Mei 2022

Merangkum dari NHS, ada beberapa penyebab umum sakit kepala yang perlu Anda ketahui, yaitu: 

Masalah penglihatan

Tahukah Anda kalau masalah penglihatan bisa menjadi penyebab sakit kepala? Ternyata, masalah penglihatan bisa menjadi penyebab sakit kepala, lo.

Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah untuk mengecek ke dokter agar sakit kepala serta masalah penglihatan bisa cepat teratasi. 

Menstruasi

Khususnya bagi para wanita, menstruasi juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala. Jika Anda mengalami sakit kepala akibat menstruasi cobalah untuk mengkonsumsi obat herbal atau alami untuk meredakannya. 

Stres

Perlu Anda ketahui stres juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Biasanya, stres berlebih sangat berisiko memicu sakit kepala tanpa Anda sadari. 

Baca Juga: Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark Lewat SSSTikTok, Simak!

Terlalu banyak konsumsi alkohol

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Pasalnya, jika alkohol dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menghambat aliran darah dan sulit untuk berkonsentrasi. 

Pilek

Saat Anda sedang pilek atau flu biasanya sakit kepala menjadi suatu hal yang wajar dialami. Soalnya, kondisi tubuh sedang kurang fit. Umumnya, jika pilek atau flu Anda sudah reda sakit kepala juga akan mulai hilang. 

Dehidrasi

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah dehidrasi atau kurang cairan. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk dapat menjaga fungsi otak berjalan dengan semestinya. 

Oleh karena itu, penting menjaga asupan cairan untuk menghindari sakit kepala serta kesehatan tubuh lainnya. 

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Pepaya yang Belum Banyak Diketahui Orang, Mampu Cegah Kanker Lo

Mengonsumsi obat tertentu

Mengonsumsi obat tertentu juga dapat menjadi pemicu dan penyebab munculnya sakit kepala. Jika mengalami hal tersebut, Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping obat tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru