7 Obat Alami yang Bisa Redakan Rasa Nyeri Saat Asam Urat Kumat

Rabu, 16 November 2022 | 11:07 WIB Sumber: Kompas.com
7 Obat Alami yang Bisa Redakan Rasa Nyeri Saat Asam Urat Kumat

ILUSTRASI. Penumpukan asam urat bisa menyebabkan nyeri yang mirip dengan osteoartritis.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi penderita asam urat, pasti sudah merasakan betapa nyerinya saat penyakit ini menyerang. Penumpukan asam urat bisa menyebabkan nyeri yang mirip dengan osteoartritis. 

Tingginya kadar asam urat dalam darah akan mengakibatkan penumpukan di persendian hingga menyebabkan peradangan. Beberapa pengobatan alami dapat membantu mengatasi asam urat. 

Namun, jika nyeri muncul tiba-tiba dan intens, hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Dilansir dari Healthline, 7 Maret 2019, berikut adalah obat alami untuk menurunkan asam urat. 

1. Jahe 

Jahe merupakan rempah yang dapat meredakan peradangan sehingga diyakini mampu mengobati asam urat. Sebuah studi menemukan, jahe topikal dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan asam urat. 

Baca Juga: Makan telur bagi penderita asam urat, amankah?

Cara menggunakan jahe untuk obat asam urat adalah dengan membuat kompres atau pasta jahe. Rebuslah air dengan 1 sendok makan jahe segar yang sudah diparut. 
Kemudian, rendam kain lap ke dalam air rebusan jahe tersebut. Setelah dingin, tempelkan lap ke area yang terasa nyeri, setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. 

 

2. Seledri 

Seledri biasanya digunakan untuk mengatasi masalah saluran kencing, namun selederi juga bisa untuk mengobati asam urat. Meski penelitian ilmiah yang mendukungnya masih sedikit, seledri diperkirakan mampu meredakan peradangan. 

Tidak diketahui seberapa banyak seledri yang harus dikonsumsi untuk mengobati asam urat, Cobalah konsumsi banyak seledri setiap hari, terumata batang seledri mentah. Selain dimakan langsung, seledri bisa juga dibuat jus. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru