kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan, Yuk Simak!


Jumat, 18 November 2022 / 09:23 WIB
7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan, Yuk Simak!
ILUSTRASI. Manfaat wortel untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat wortel untuk kesehatan nampaknya sudah tidak asing ditelinga kebanyakan orang. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi wortel mampu memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Banyaknya manfaat wortel untuk kesehatan tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi di dalamnya. Pasalnya, wortel termasuk salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kandungan nutrisi dalam wortel di antaranya seperti protein, serat, natrium, vitamin C, vitamin B, vitamin A, zat besi, kalsium dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Jadwal, Daftar Negara dan Grup Peserta Piala Dunia

Selain memiliki manfaat, wortel juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Hal tersebut dikarenakan wortel mempunyai rasa yang khas. 

Lantas apa saja manfaat wortel kesehatan? Penasaran? 

Melansor dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat wortel untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat wortel untuk kesehatan yang pertama tak lain adalah mampu meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung cukup banyak vitamin A yang membantu meningkatkan kesehatan mata.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sayur Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi wortel juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung banyak protein dan serta yang dapat membuat perut terasa lebih kenyang. 

Sehingga wortel termasuk salah satu makanan yang cocok untum dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.

3. Menjaga Kesehatan Usus

Wortel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Pasalnya, wortel mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. 

Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing wortel "mengandung bentuk kalsium yang mudah diasimilasi oleh tubuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol "tidak sehat" (LDL)."

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Yuk Simak!

5. Menurunkan Tekanan Darah 

Mengkonsumsi wortel juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung potasium dan kalium yang membantu mengendurkan pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi pembuluh darah.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain itu, wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Pasalnya, wortel mengandunga beta karoten, lutein dan lycopene yang mampu meningkatkan kesehatan kulit dan kuku. 

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat wortel untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan wortel dikas dengan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan. 

Itulah beberapa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×