7 Manfaat Tidur untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Kamis, 07 Juli 2022 | 14:02 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Manfaat Tidur untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Manfaat tidur untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Tidur adalah salah satu hal yang penting dilakukan dan tidak boleh anggap sepele. Selain menghilangkan rasa kantuk, tidur yang cukup memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lo. 

Bahkan, perlu Anda ketahui, manfaat tidur sama pentingnya dengan Anda menerapkan asupan makan yang teratur maupun olahraga rutin. Oleh sebab itu, menjaga kualitas dan kuantitas tidur penting untuk dilakukan.

Pasalnya, tidur juga merupakan cara manusia beristirahat dan menjadi kebutuhan dasar selayaknya bernapas maupun mengonsumsi makanan.

Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam perhari. Namun, setiap orang mempunyai kebutuhan tidur yang berbeda-beda pula.

Sebaliknya, jika Anda kurang tidur, berisiko menimbulkan berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan. Kebiasaan ini akan membuat tubuh terasa cepat lelah, sulit konsentrasi, imunitas tubuh juga berkurang. 

Baca Juga: Jadwal Semi Final Piala Presiden 2022: Dimulai PSIS Semarang VS Arema FC

Lantas, apa saja manfaat tidur untuk kesehatan?

Melansir dari WebMD, terdapat beberapa manfaat tidur untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Menjaga kesehatan otak

Tidur sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Saat hampir tidak bisa tidur, Anda mungkin akan kesulitan mengingat dan mengingat detail. Sebab, tidur memainkan peran besar dalam pembelajaran dan memori. 

Tanpa tidur yang cukup, sulit untuk fokus dan menerima informasi baru. Otak Anda juga tidak memiliki cukup waktu untuk menyimpan ingatan dengan benar sehingga Anda dapat menariknya kembali nanti.

Meningkatkan suasana hati

Selain baik untuk kesehatan otak, mencukupi waktu tidur juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Hal lain yang dilakukan otak Anda saat Anda tidur adalah memproses emosi Anda. 

Pikiran Anda membutuhkan waktu ini untuk mengenali dan bereaksi dengan cara yang benar. Ketika Anda memotongnya, Anda cenderung memiliki lebih banyak reaksi emosional negatif dan lebih sedikit reaksi positif.

Oleh sebab itu, tidur yang cukup dapat berpengaruh terhadap suasana hati Anda. Apalagi, kurang tidur kronis juga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami gangguan mood.

Satu penelitian besar menunjukkan, ketika menderita insomnia, Anda lima kali lebih mungkin untuk mengalami depresi, dan kemungkinan mengalami gangguan kecemasan atau panik bahkan lebih besar.

Tidur yang menyegarkan membantu Anda menekan tombol reset pada hari yang buruk, meningkatkan pandangan hidup Anda, dan lebih siap menghadapi tantangan.

Baca Juga: Savefrom: Begini Cara Download Video Facebook dengan Mudah dan Gratis

Menjaga kesehatan jantung

Saat tidur, tekanan darah Anda turun, membuat jantung dan pembuluh darah sedikit beristirahat. Semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan, semakin lama tekanan darah tetap terjaga selama siklus 24 jam.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, termasuk stroke. Maka dari itu, tidur yang cukup bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Menambah energi

Saat tubuh istirahat, energi akan kembali terisi bahkan menjadi bertambah. Selain dapat menambah energi, tidur juga membuat otot beristirahat untuk sementara waktu.

Mengontrol gula darah

Manfaat tidur yang cukup selanjutnya adalah mampu mengontrol gula darah Anda. Hal tersebut sangat penting, karena dapat mencegah Anda dari penyakit diabetes jika memenuhi waktu tidur yang cukup.

Baca Juga: 4 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Menggunakan Oven, Wajib Tahu!

Melawan kuman

Tidur adalah salah satu cara untuk dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. 

Untuk membantu Anda menangkal penyakit, sistem kekebalan Anda mengidentifikasi bakteri dan virus berbahaya di tubuh Anda dan menghancurkannya.

Kurang tidur yang terus-menerus mengubah cara kerja sel-sel kekebalan Anda. Hal tersebut yang meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit.

Mengontrol berat badan

Untuk mempertahakan atau mencapai berat badan ideal Anda menjalankan gaya hidup sehat. Selain diet, waktu dan kualitas tidur juga penting untuk diperhatikan.

Pasalnya, saat Anda mencukupi waktu tidur, akan membuat rasa lapar berkurang. Sebaliknya, jika Anda begadang atau kurang tidur akan mengacaukan hormon di otak Anda yang membuat Anda sulit untuk mengontrol nafsu makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru