kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Serai Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ya!


Rabu, 07 Juni 2023 / 12:44 WIB
7 Manfaat Serai Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ya!
ILUSTRASI. Manfaat serai untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Serai  - Banyak manfaat serai untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian dan bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Manfaat serai juga tidak perlu diragukan karena telah teruji khasiatnya.

Selain memiliki banyak manfaat, serai juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam serai di antaranya seperti vitamin C, vitamin A, folat, magnesium, zat besi, kalsium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Mentah

Banyaknya kandungan nutrisi tersebut membuat serai memiliki banyak manfaat. Dengan begitu, manfaat serai untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Lantas apa saja manfaat serai untuk kesehatan? 

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat serai untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui: 

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat serai untuk kesehatan tubuh yang cukup menjaid sorotan di antaranya mampu melancarkan pencernaan. Pasalnya, serai termasuk salah satu tumbuhan yang mengandung banyak serat. 

Tak jarang pula, serai kerap dimanfaatkan untuk mengobati dan mengatasi kembung, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Manfaat serai untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu dikenal mengandung banyak antioksidan. Senyawa antioksidan tersebut berperan aktif menghilangkan racun dan menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan. 

3. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Selain itu, serai juga berperan dan bermanfaat untuk mengatur tekanan darah tinggi. Pasalnya, serai mengandung banyak potasium yang pada gilirannya mampu merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Serai juga dikenal untuk membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Punya Banyak Protein Loh

4. Meningkatkan Metabolisme

Mengkonsumsi serai adalah pilihan yang bagus untuk rencana diet penurunan berat badan. Pasalnya, serai mampu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat dan membantu membakar lebih banyak kalori. 

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam serai mamlu meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

Baca Juga: Yuk Simak 5 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat serai untuk kesehatan tubuh selanjutnya juga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Hal tersebut dikarenakan serai merupakan sumber vitamin A dan vitamin C tang merupakan nutrisi penting untuk kecantikan kulit dan rambut. 

Dengan meningkatkan sirkulasi darah hal tersebut mampu membersihkan kulit Anda, merawat tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati erupsi seperti jerawat, jerawat, dan eksim.

6. Meredakan Pilek

Serai juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu mengatasi pilek, batuk dan flu. Selain itu, serai juga kaya akan vitamin C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi, Simak Ya!

7. Meredakan Sakit Haid

Manfaat serai untuk kesehatan tubuh yang tak boleh terlewatkan yanv terakhir adalah mampu meredakan sakit haid. Pasalnya, serai mengandung senyawa yang membantu mengurangi sakit haid. 

Hal tesebut dikarenakan serai mengandung antiinflamasi yang membantu meredaka rasa sakit termasuk saat haid. Itulah beberapa manfaat serai untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×