7 Manfaat kol untuk kesehatan yang jarang diketahui

Minggu, 16 Mei 2021 | 10:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Manfaat kol untuk kesehatan yang jarang diketahui

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Kubis atau yang biasa dikenal dengan kol adalah jenis sayuran yang lazim dikonsumsi di dunia. Ada banyak sekali manfaat kol untuk kesehatan.

Sayuran ini memiliki ciri khas warna putih, hijau, hingga ungu. Kol sendiri masih termasuk dalam keluarga brokoli.

Seperti kebanyakan sayuran, kandungan nutrisi utama kol adalah serat yang dilengkapi vitamin dan mineral. Harga yang murah serta panennya yang tak kenal musim membuat kol sangat digemari banyak orang.

7 Manfaat sayur kol

Berikut ini 7 manfaat sayur kol sebagaimana dikutip dari Healtline.

1. Sumber nutrisi penting

Manfaat kol adalah sebagai sumber nutrisi. Setiap 89 gram kol mengandung protein 1 gram, serat 2 gram, vitamin K sebanyak 85% kebutuhan harian, vitamin C sebanyak 54% kebutuhan harian, folat sebanyak 10% kebutuhan harian, kalsium sebanyak 4% kebutuhan harian, kalium sebanyak 4% kebutuhan harian, dan mangan sebanyak 7% dari kebutuhan harian.

Manfaat kol juga mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin A, zat besi, dan riboflavin. Sebagaimana kandungan di atas, manfaat kembang kol kaya akan vitamin B6 dan folat, keduanya penting untuk banyak proses penting dalam tubuh, termasuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf.

Selain itu, kol kaya akan serat dan mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol dan senyawa sulfur. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Buah-buahan yang bisa menurunkan asam urat tinggi bila dikonsumsi secara rutin

2. Vitamin C tinggi

Kol adalah sayuran dengan kandungan vitamin C yang terbilang sangat tinggi. Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh.

Misalnya, diperlukan untuk membuat kolagen, protein paling melimpah di tubuh. Kolagen memberi struktur dan fleksibilitas pada kulit dan sangat penting untuk berfungsinya tulang, otot dan pembuluh darah.

Selain itu, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Terlebih lagi, vitamin C adalah antioksidan yang kuat. Vitamin C berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis, termasuk kanker.

3. Memperlancar saluran pencernaan

Manfaat kol berikutnya adalah sebagai pelancar saluran pencernaan dalam usus. Sayuran renyah ini penuh dengan serat tidak larut yang ramah terhadap usus, sejenis karbohidrat yang tidak dapat dipecah di usus.

Serat tidak larut membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mendorong buang air besar secara teratur. Terlebih lagi, manfaat kol terbukti meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Ini karena serat adalah sumber bahan bakar utama untuk spesies bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli. Bakteri ini melakukan fungsi penting seperti melindungi sistem kekebalan dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin K2 dan B12.

Baca Juga: Boleh dicoba! Ini sayuran yang bisa menurunkan asam urat tinggi

4. Kesehatan jantung

Manfaat sayur kol juga berkaitan dengan kesehatan jantung. Kol mengandung senyawa kuat yang disebut antosianin. Zat ini yang terkadang menciptakan warna ungu pada kol.

Antosianin adalah pigmen tumbuhan yang termasuk dalam keluarga flavonoid. Meningkatkan asupan antosianin makanan juga telah terbukti mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit arteri koroner.

5. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi menyerang lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Bukti terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan kalium makanan sama pentingnya untuk menurunkan tekanan darah.

Kalium adalah mineral dan elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. Salah satu tugas utamanya adalah membantu mengatur tekanan darah dengan menangkal efek natrium dalam tubuh.

Kalium membantu mengeluarkan kelebihan natrium melalui urin. Ini juga melemaskan dinding pembuluh darah, yang menurunkan tekanan darah. Hal ini terkait dengan manfaat sayur kol. Kol merah adalah sumber kalium yang sangat baik. 

Baca Juga: Kayu manis bermanfaat menurunkan asam urat tinggi

6. Menurunkan kolesterol

Orang yang memiliki kolesterol tinggi juga cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama jika mereka memiliki peningkatan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Manfaat kol mengandung dua zat yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat.

7. Kaya vitamin K

Vitamin K adalah kumpulan vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Vitamin ini dibagi menjadi dua kelompok utama.

Pertama vitamin K1 (phylloquinone) yang ditemukan terutama di sumber tumbuhan. Lalu vitamin K2 (menaquinone) yang ditemukan dalam sumber hewani dan beberapa makanan fermentasi.

Nah, kol adalah sumber vitamin K1 yang hebat, memberikan 85% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Vitamin K1 adalah nutrisi utama yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh.

Salah satu fungsi utamanya adalah bertindak sebagai kofaktor untuk enzim yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Itulah beberapa manfaat kol atau manfaat sayur kol yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Ini minuman yang baik untuk dikonsumsi para penderita asam urat

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru