kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Daun Sirsak, Redakan Gejala Asam Urat, Diabetes, hingga Darah Tinggi


Selasa, 22 Agustus 2023 / 04:56 WIB
7 Manfaat Daun Sirsak, Redakan Gejala Asam Urat, Diabetes, hingga Darah Tinggi
ILUSTRASI. Air rebusan daun sirsak juga terasa segar saat dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KHASIAT DAUN SIRSAK - Banyak orang menyukai sirsak. Sirsak, tanaman bernama ilmiah Annona muricata L ini, memiliki cita rasa asam, manis, dan segar. Selain dimakan sebagai buah, air rebusan daun sirsak juga terasa segar saat dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Khasiat daun sirsak berasal dari kandungan antioksidan, termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid. Bukan hanya itu, dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), kandungan acetogenin yang bersifat anti-kanker juga berguna untuk mencegah kanker dan tumor. 

Lalu, apa saja khasiat daun sirsak? 

Nutrisi pada daun sirsak 

Sirsak berasal dari Amerika Tengah, India, dan Asia Tenggara yang saat ini telah tersebar hingga Australia dan Afrika. Tanaman sirsak mengandung beberapa macam fitokimia atau zat kimia tumbuhan, yakni alkaloid, fenolat, dan terpenoid. 

Dilansir dari Style Craze, daun sirsak merupakan sumber senyawa annonaceous acetogenin (AGEs) yang bersifat antimikroba, antiprotozoal, dan antivirus. Bahkan, daun tanaman ini kaya akan nutrisi sebagai obat alami untuk beberapa masalah kesehatan. 

Menurut pengobatan tradisional, daun tanaman ini kerap digunakan untuk mengobati peradangan, rematik, hipertensi, diabetes, dan infeksi parasit. 

Baca Juga: Mengandung Vitamin C, Buah-Buahan Ini Efektif Melawan Asam Urat Tinggi

Khasiat daun sirsak 

Berikut khasiat daun sirsak bagi kesehatan, dihimpun dari berbagai sumber: 

1. Mengontrol peradangan 

Khasiat daun sirsak lainnya, yakni membantu mengontrol inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Penelitian pada 2015 menemukan, ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat antiinflamasi, antioksidan, serta membantu penyembuhan luka pada hewan uji. 

Rebusan daun sirsak yang dioleskan juga memberikan efek anti-rematik dan neuralgik, sehingga mengurangi abses dan luka.

2. Menstabilkan tekanan darah 

Konsumsi air rebusan daun sirsak dipercaya membantu mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi, salah satu penyebab penyakit jantung dan serangan jantung. 

Menurut WebMD, manfaat sirsak ini tak lepas dari kandungan kaliumnya. Sebab, salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah asupan natrium. 

Dengan mengonsumsi kalium, tubuh akan terbantu untuk membuang natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah. Dua kondisi tersebut akan membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh penderita. 

Baca Juga: Jadi Sorotan, Ini Ragam Manfaat Cengkeh untuk Tubuh




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×