7 manfaat daun pepaya, baik untuk kulit dan pencernaan

Senin, 26 Juli 2021 | 15:03 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 manfaat daun pepaya, baik untuk kulit dan pencernaan

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat daun pepaya untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Pepaya sendiri merupakan buah tropis yang aslinya berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan bagian utara. 

Pepaya merupakan salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Buah dan bijinya kaya manfaat, tak terkecuali daunnya, baik sebagai makanan maupun bahan obat-obatan. 

Di Indonesia, daun pepaya banyak dimanfaatkan untuk sayuran. 

7 Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Nah berikut ini manfaat daun pepaya untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Obat demam berdarah

Pertama, manfaat daun pepaya salah satunya adalah digunakan sebagai obat demam berdarah. Demam berdarah adalah virus yang ditularkan nyamuk ke manusia dan menyebabkan gejala flu, seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit.

Kasus yang parah juga dapat mengakibatkan penurunan kadar trombosit dalam darah. Tingkat trombosit yang rendah dapat berkontribusi pada peningkatan risiko perdarahan dan berpotensi fatal jika tidak diobati. 

Tiga penelitian pada manusia yang melibatkan ratusan orang dengan gejala demam berdarah menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan meningkatkan kadar trombosit darah.

Terlebih lagi, manfaat rebusan daun pepaya jauh lebih banyak dibandingkan efek sampingnya. Serta lebih hemat biaya daripada perawatan dengan obat-obatan kimia. 

2. Menyeimbangkan gula darah

Berikutnya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan adalah sebagai pengontrol kadar gula darah. Daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol gula darah.

Studi pada tikus dengan diabetes ditemukan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki antioksidan kuat dan efek penurun gula darah. Ini dikaitkan dengan kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

Namun demikian, untuk efeknya pada manusia, manfaat daun pepaya pada pankreas ini masih diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: Sayur dan buah ini bisa jadi penguat sistem imunitas yang kuat, lo

3. Membantu fungsi pencernaan

Selanjutnya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan yakni bisa membantu masalah gangguan pencernaan seperti perut kembung, mulas, dan buang gas berlebihan. 

Daun pepaya mengandung serat nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat dan senyawa unik yang disebut papain.

Papain terkenal karena kemampuannya untuk memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna. Bahkan juga digunakan untuk membuat daging menjadi empuk.

4. Anti peradangan

Manfaat daun pepaya untuk kulit yakni dipakai untuk obat peradangan, termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa anti-inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang menderita radang sendi. Namun, belum ada penelitian pada manusia yang mengkonfirmasi hasil ini.

Baca Juga: 5 Buah yang Ampuh Menyembuhkan Sariawan

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru