kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan Kaya Nutrisi yang Baik Buat Kesehatan Jantung, Murah & Mudah Didapat


Sabtu, 14 Januari 2023 / 13:05 WIB
7 Makanan Kaya Nutrisi yang Baik Buat Kesehatan Jantung, Murah & Mudah Didapat


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Makanan memiliki pengaruh yang besar dalam kesehatan jantung. Karenanya, kita perlu mengonsumsi makanan yang tepat agar jantung tetap sehat.

Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan menjalani pola hidup sehat dapat membuat Anda terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Menghindari makanan siap saji dan serba instan juga penting dilakukan. Makanan cepat saji yang kaya akan kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung.

Melansir dari situs ner.unair.ac.id, pola hidup sehat penting dilakukan untuk mencegah penyakit jantung yang dapat mengurangi risiko penyakit ini hingga 82 persen.

Baca Juga: Anak Muda Suka WFH, Sosiolog Unair Jelaskan Pentingnya Interaksi Secara Langsung

Pola hidup sehat untuk jantung

Pola hidup sehat yang perlu diterapkan diantaranya seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidak merokok. Orang berusia 70-90 tahun yang biasa hidup sehat juga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 66 persen.

Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung juga termasuk dalam pola hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Untuk menyehatkan jantung dan membantunya bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah sangat bermanfaat.

Senyawa ini membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama pengganggu. Sedangkan bagi manusia, senyawa ini dapat membantu tubuh bekerja dengan baik.

Apa saja makanan yang baik untuk jantung? Simak rangkumannya berikut ini dari situs ners.unair.ac.id.

Teh Hijau

Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang meminum lebih dari 5 cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke. 

Namun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi teh hijau. Karena minum lebih dari 5 cangkir teh hijau tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal. 

Karenanya, untuk mengimbangi konsumsi banyak teh hijau, Anda perlu perbanyak juga konsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi dan agar sistem kemih tetap lancar.

Apel

Mengonsumsi 1-2 apel per hari diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. 
Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin

Zat ini adalah senyawa yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang merah baik untuk jantung. Disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan ini hingga tiga cangkir seminggu.

Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air yang membuat Anda cepat kenyang. 

Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori yang bisa menyebabkan berat badan berlebih. 

Selain itu, kacang-kacangan juga kaya antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

Baca Juga: Pesangon hingga Hari Libur, Ini Fakta-Fakta Perppu CIpta Kerja 2022

Biji-bijian utuh

Makanan yang baik untuk jantung selanjutnya adalah biji-bijian utuh. Beberapa contoh jenis makanan ini adalah gandum, beras merah, atau jagung. 

Mengganti nasi dengan biji-bijian utuh sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas. 

Kandungan protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral yaitu zat besi, zinc, dan magnesium dapat membuat jantung Anda tetap sehat.

Anggur

Selain apel, anggur juga memiliki manfaat yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Manfaat anggur diduga dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Hal ini dikarenakan buah anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

Bawang putih

Selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya jantung. 

Bawang putih diketahui tidak mempengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsumsi. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. 

Hal ini baik untuk kesehatan jantung, karena makin banyak konsumsi garam akan makin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Tata Cara Membuat Akun SNPMB 2023 untuk Mendaftar SNBP

Buah beri

Ragam buah beri seperti blueberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan camilan sehat. 

Buah beri yang kaya akan serat dan antioksidan diduga mampu mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain itu, rasa manis dalam buah beri tidak memicu diabetes. 

Namun, penelitian mengenai efek buah beri dalam melindungi kesehatan jantung masih perlu dikaji lebih lanjut.

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, sebaiknya Anda batasi asupan garam tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau setara dengan 2000-2400 mg sodium (natrium) per hari. 

Sedangkan bagi orang yang memiliki risiko penyakit jantung, konsumsi sodium maksimal adalah 1.500 mg. Selain itu, tetap olahraga rutin dan hindari merokok agar tubuh sehat dan jantung selalu kuat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×