7 Gejala Kolestrol Tinggi yang Muncul di Kulit, Kenali sebelum Terlambat

Selasa, 08 November 2022 | 04:40 WIB Sumber: Kompas.com
7 Gejala Kolestrol Tinggi yang Muncul di Kulit, Kenali sebelum Terlambat


KONTAN.CO.ID - Apabila tidak dipantau kadarnya secara berkala, kolesterol tinggi umumnya tidak menunjukkan gejala yang kentara. Itulah sebabnya kita harus meningkatkan kewaspadaan. 

Pasalnya, kolesterol tinggi yang dibiarkan begitu saja dapat berimbas buruk bagi kesehatan. Masalah kesehatan satu ini terbukti dapat menyebabkan kematian mendadak. Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi berkaitan dengan serangan jantung dan stroke. 

Dilansir dari Healthline, kolesterol tinggi terjadi karena lipid (lemak) yang menumpuk dan menjadi plak di anteri, sehingga mempersempit aliran darah ke jantung. Namun, seorang ahli mengenali beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh Anda tinggi. Dan tanda-tanda itu bisa muncul di kulit Anda. 

Gejala kolesterol tinggi di kulit 

Menurut Hindustan Times, Konsultan Dermatologis, Dermatologis Kosmetik & Ahli Bedah Kulit, The Esthetic Clinics Dr. Rinky Kapoor mengatakan bahwa kondisi kulit bisa menunjukan kadar kolesterol seseorang. 

Pada penderita kolesterol tinggi misalnya, mereka akan menemukan tanda-tanda atau perubahan kondisi pada kulitnya. 

Baca Juga: Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2, Ini Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan

"Jika Anda memperhatikan kesehatan Anda, Anda akan melihat bahwa alam memberi Anda sinyal halus yang dapat Anda lihat di kulit yang menunjukkan tanda kolesterol tinggi," ucapnya. 

Berikut beberapa gejala kolesterol yang muncul di kulit dan perlu diwaspadai: 

1. Muncul pola berwarna biru 

Kemunculan pola menyerupai jaring yang berwarna biru atau ungu pada kulit menjadi salah satu gejala bahwa kadar kolesterol Anda tinggi. Tanda ini biasanya muncuk ketika cuaca di sekitar Anda dingin. 

Ini bisa menjadi indikasi sindrom embolisasi kolesterol yang menunjukkan penyumbatan di arteri Anda. 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan, Catat!

2. Kulit terasa gatal dan berjerawat 

Dikutip dari IndiaTV News, kadar kolesterol yang tinggi juga bisa menimbulkan gejala kulit terasa gatal. Biasanya gejala tersebut terasa di bagian wajah dan berlangsung cukup lama. 

Gatal berlebihan pada wajah ini dianggap sebagai gejala kolesterol tinggi. Selain kulit yang terasa gatal, kemunculan jerawat kecil di area wajah juga bisa menjadi pertanda kadar kolesterol Anda tinggi. 

Kemunculan jerawat kecil-kecil ini akan beriringan dengan munculnya butiran kecil berwarna merah yang keluar di sekitar mata dan hidung. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru