kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala yang Bisa Langsung Anda Coba


Selasa, 11 Januari 2022 / 08:55 WIB
7 Cara Menghilangkan Sakit Kepala yang Bisa Langsung Anda Coba
ILUSTRASI. Anda bisa mencoba berbagai macam cara menghilangkan sakit kepala dengan mudah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala. Supaya tidak memicu masalah kesehatan yang lain, ada banyak cara menghilangkan sakit kepala yang bisa Anda praktikkan. Tidak perlu khawatir, beberapa cara dalam artikel ini cukup mudah untuk dicoba.

Cara mengatasi sakit kepala pertama yang perlu Anda lakukan adalah minum air putih. Biasanya, sakit kepala terjadi karena tubuh Anda kekurangan cairan. Melansir Healthline (healthline.com), sakit kepala bisa hilang dalam jangka waktu minimal 30 menit setelah Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Mengonsumsi bahan alami yang mengandung banyak air, seperti semangka, juga bisa Anda coba. dengan begitu, tubuh menjadi tak dehidrasi sehingga sakit kepala pun reda. Apalagi sakit kepala migrain atau tension.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak obat sakit kepala yang layak untuk dijadikan pilihan. Namun, jika sakit kepala terus terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama, jangan ragu untuk membicarakannya ke dokter, ya.

Baca Juga: Boleh Dicoba! Ini 8 Cara Mengatasi Flu dengan Cepat

Pakai Essential Oil

Essential oil menjadi salah satu obat pusing yang bisa Anda coba. Anda bisa mengoleskan essential oil di pelipis atau di antara mulut dan hidung supaya aromanya bisa terhirup. Pilihan essential oil pun beragam, misalnya minyak lavender, minyak peppermint, dan lain-lain.

Batasi Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol lebih dari batas toleransi tubuh Anda bisa memicu sakit kepala. Jenis minuman itu mampu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar. Mengonsumsi alkohol juga mampu meningkatkan frekuensi buang air kecil yang mana memperbesar risiko dehidrasi.

Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein termasuk cara menghilangkan sakit kepala.

Tahukah Anda bahwa kafein bisa digunakan sebagai obat sakit kepala alami? Kafein mampu mengerutkan pembuluh darah, menaikkan mood, dan meningkatkan kewaspadaan yang mana bisa meredakan sakit kepala.

Anda bisa menemukan kafein di kopi, teh, atau jenis minuman yang lain. Meski demikian, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak, ya. Tetap batasi konsumsi kafein supaya tak muncul efek samping.

Gunakan Kompres Dingin

Kompres dingin juga termasuk salah satu cara menghilangkan sakit kepala, lo. Letakkan kompres dingin di bagian leher atau kepala. Dengan begitu, inflamasi, pembuluh darah, dan saraf yang tegang dapat berkurang sehingga sakit kepala tak lagi Anda alami.

Tidur

Cara meredakan sakit kepala yang tak boleh Anda lupakan adalah mendapat waktu tidur yang berkualitas. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam. Dengan begitu, frekuensi sakit kepala dapat berkurang.

Baca Juga: 6 Cara untuk Mengatasi Meriang yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Makan Pisang

Pisang jadi salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala. Selain mengandung banyak air, buah pisang juga kaya akan magnesium dan nutrisi lain yang bisa mempercepat proses penyembuhan.

Lakukan Yoga

Healthline merekomendasikan yoga sebagai salah satu cara menghilangkan sakit kepala. Selain meningkatkan fleksibilitas tubuh, rutin melakukan yoga bisa meredakan stres dan mengurangi frekuensi sakit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×