7 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pemutih Wajah yang Efektif

Senin, 24 Januari 2022 | 14:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
7 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pemutih Wajah yang Efektif

ILUSTRASI. Gunakan pepaya sebagai pemutih wajah.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemutih wajah berguna untuk mencerahkan warna kulit Anda supaya tidak terlihat kusam. Selain memakai produk-produk yang ada di pasaran, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Warna kulit bisa menggelap karena berbagai macam faktor. Mulai dari paparan sinar matahari, bekas jerawat, dan faktor-faktor yang lain. Tentu saja Anda perlu mengatasi penyebabnya terlebih dahulu supaya kulit gelap dapat teratasi dengan baik.

Nah, beberapa bahan alami bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat proses mencerahkan kulit. Sebelum rutin memakainya, usahakan untuk melakukan uji coba dulu. Hentikan pemakaian dan ganti dengan bahan alami lain jika kulit iritasi atau muncul reaksi alergi yang lain.

Telur

India.com merekomendasikan telur sebagai salah satu pemutih wajah alami. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, masukkan telur dalam sebuah wadah lalu kocok hingga sedikit berbusa.

Aplikasikan telur tersebut pada kulit wajah menggunakan kuas. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air dingin. Untuk mengatasi aroma telur yang menyengat, Anda bisa menambahkan minyak lavender atau air perasan lemon.

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Lemon

Nutrisi yang terkandung dalam lemon bisa mencerahkan warna kulit Anda. Caranya, potong lemon jadi dua bagian lalu gosokkan salah satu bagian lemon pada kulit wajah secara langsung. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Pepaya

Cara memutihkan wajah berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai pepaya. Kandungan dalam buah pepaya akan membersihkan sel kulit mati sehingga warna kulit bisa terlihat lebih cerah.

Pertama, kupas kulit pepaya matang lalu tumbuk daging buahnya hingga halus. Aplikasikan masker pepaya itu pada kulit selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya hasil yang Anda dapat bisa maksimal.

Tomat dan Lemon

Salah satu pemutih wajah bisa dari tomat dan lemon.

Tahukah Anda bahwa rutin memakai tomat bisa membuat kulit wajah lebih cerah? Campurkan ekstrak tomat dengan air lemon hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada kulit selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Tak hanya mencerahkan, masker itu juga bisa jadi obat jerawat.

Baca Juga: Berasal dari Bahan Alami, Coba 5 Pemutih Wajah Ini

Lidah Buaya

Lidah buaya jadi bahan alami yang tak boleh terlewat dipakai untuk memutihkan kulit Anda. Setelah mencuci kulit wajah, oleskan gel lidah buaya di kulit. Diamkan dulu selama 15 menit sebelum Anda membersihkannya dengan air.

Kunyit dan Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang dapat dijadikan pemutih wajah adalah kunyit. Mengutip India.com, Anda perlu mencampur 1 sdt bubuk kunyit dengan 3 sdt air jeruk nipis. Aplikasikan kombinasi bahan alami itu pada kulit wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru