Tips Sehat

6 Rekomendasi makanan penambah darah ini wajib Anda coba

Selasa, 23 Februari 2021 | 14:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Rekomendasi makanan penambah darah ini wajib Anda coba

ILUSTRASI. Delima adalah salah satu makanan penambah darah yang perlu Anda coba.

KONTAN.CO.ID - Makanan yang mengandung banyak zat besi termasuk dalam makanan penambah darah yang bisa Anda coba. Ada banyak pilihan makanan tersebut, seperti bayam, brokoli, semangka, dan delima.

Mengutip dari E Times, laki-laki yang berusia lebih dari 19 tahun membutuhkan minimal 8 gram zat besi per hari. Sedangkan untuk wanita yang berusia antara 19 hingga 50 tahun membutuhkan 18 mg zat besi per hari.

Dengan memenuhi jumlah zat besi tersebut, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari mencegah rambut rontok hingga sakit kepala.

Selain meningkatkan jumlah darah, zat besi dari makanan yang Anda konsumsi berguna untuk distribusi oksigen dalam tubuh.

Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran dengan jumlah zat besi paling tinggi. Dalam 100 gram bayam, Anda bisa mendapat 4 mg zat besi.

Cobalah untuk mengolah bayam dalam berbagai macam hidangan lezat. Namun, pastikan untuk memasaknya dengan cara yang sehat, ya.

Baca Juga: Daftar makanan penambah darah, penting guna mencegah anemia

Brokoli

Jenis sayur lain yang cocok dijadikan sumber zat besi adalah brokoli. Anda bisa mendapat 2,7 mg zat besi dalam 100 g brokoli. Selain itu, mengonsumsi brokoli dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A, vitamin C, dan magnesium.

Semangka

Semangka termasuk salah satu makanan penambah darah.

Makanan penambah darah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah semangka. Anda bisa mendapat 0,4 mg zat besi dari satu gelas semangka.

Jenis buah itu tidak hanya mengandung zat besi, tapi juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Delima

Selain semangka, delima adalah jenis buah selanjutnya yang bisa jadi sumber zat besi. Tak hanya mengandung jenis mineral itu, delima pun dipenuhi dengan nutrisi penting lainnya, seperti serat, protein, dan kalsium.

Baca Juga: Ketahui 5 manfaat gula merah yang berguna untuk kesehatan tubuh

Dada ayam

Makanan penambah darah lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dada ayam.

E Times mengatakan, Anda bisa mendapat 0,7 mg zat besi dari mengonsumsi 100 g dada ayam. Kelebihan lainnya adalah, ada banyak jenis hidangan sehat yang bisa dibuat dari dada ayam.

Gandum utuh

Gandum utuh jadi sumber zat besi selanjutnya yang bisa Anda pilih. Mengonsumsi gandum utuh dapat menghindarkan tubuh Anda dari kekurangan zat besi karena dalam 100 gram gandum utuh terdapat 2,5 mg zat besi.

Selanjutnya: Cegah anemia dengan 5 makanan penambah HB ini, yuk

Editor: Belladina Biananda


Terbaru