6 Penyebab Hidung Tidak Bisa Mencium Bau, Selain Gejala Covid-19

Jumat, 18 Februari 2022 | 16:13 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Penyebab Hidung Tidak Bisa Mencium Bau, Selain Gejala Covid-19

ILUSTRASI. Ilustrasi hidung tidak bisa mencium bau atau disebut anosmia.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Hidung tidak bisa mencium bau atau yang sering disebut sebagai anosmia merupakan kondisi dimana hilangnya indera penciuman. Terdapat beberapa penyebab hidung tidak bisa mencium bau. 

Di tengah pandemi ini sebagian orang kerap mengaitkan hidung tidak bisa mencium sesuatu dengan gejala Covid-19. Padahal, ternyata terdapat faktor-faktor lain bisa membuat indera penciuman hilang. 

Biasanya, saat hidung tidak bisa mencium sesuatu itu hanya bersifat sementara. Kendati demikian hal tersebut tidak boleh diabaikan. 

Baca Juga: Nyeri Sendi? Catat 5 Pilihan Obat Alami Ini, Aman dan Efektif

Anosmia atau hidung tidak bisa mencium bau itu bisa di atas oleh banyak cara. Mulai dari minum obat dari dokter atau mengkonsumsi obat-obatan alami. 

Melansir dari Health Grades, penyebab hidung tidak bisa mencium itu tidak selalu karena gejala Covid-19. Berikut penyebab yang mungkin Anda alami: 

1. Efek Samping Obat

Jika hidung Anda tidak bisa mencium bau atau aroma apapun, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh efek samping obat. Pasalnya, terdapat beberapa obat yang bisa menurunkan indera penciuman, salah satunya antibiotik. 

2. Merokok 

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa merokok juga dapat membuat hidung tidak bisa mencium bau. Selain tidak baik bagi paru-paru, rokok juga mengandung zat yang bisa mengganggu indera penciuman. 

3. Terapi Radiasi 

Penyebab hidung tidak bisa mencium bau lainnya yaitu karena terapi radiasi. Segeralah berkonsultasi kepada dokter agar indera penciuman kembali seperti biasa setelah terapi radiasi. 

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

4. Cedera Kepala

Perlu diketahui bahwa cedera kepala bisa menyebabkan hidung tidak bisa mencium aroma apapun. Biasanya tingkat parahnya cedera bisa membuat hidung semakin tidak bisa mencium apapun dalam jangka waktu yang lama begitupun sebaliknya. 

5. Tanda Penuaan 

Hidung tidak bisa mencium bau juga merupakan salah satu tanda penuaan. Biasanya orang lansia cenderung mengalami hal ini. 

Baca Juga: Simak! 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Baik untuk Kesahatan

6. Genetik 

Ternyata hidung tak bisa mencium bau atau anosmia juga bisa disebabkan oleh genetik. Meski demikian, hal tersebut belum tentu berpengaruh kepada indera-indera lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru