CLOSE [X]

6 Penghilang Bekas Jerawat Ini Bisa Anda Buat di Rumah, lo

Senin, 27 Desember 2021 | 15:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Penghilang Bekas Jerawat Ini Bisa Anda Buat di Rumah, lo

ILUSTRASI. Anda bisa memakai bahan alami sebagai penghilang bekas jerawat.


KONTAN.CO.ID - Tidak hanya jerawat, bekasnya pun bisa mendatangkan masalah pada kulit. Jika Anda memiliki masalah tersebut, cobalah untuk segera memakai penghilang bekas jerawat.

Tak perlu khawatir, ada banyak bahan alami yang cukup mudah untuk Anda gunakan. Pertama, cobalah untuk menggunakan sunscreen secara rutin.

Paparan sinar matahari berlebih dapat memperparah kondisi bekas jerawat. Pilihlah jenis sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Selain memakai sunscreen, cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan alami, lo. Anda dapat memanfaatkan lemon, madu, kunyit. Dengan pemakaian rutin, bekas jerawat bisa lebih cepat memudar.

Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai penghilang bekas jerawat.

Sama seperti lemon, cuka apel mengandung zat asam yang tinggi. Zat asam itulah yang akan membersihkan lapisan teratas kulit sehingga bekas jerawat memudar.

Baca Juga: 10 Manfaat Saffron untuk Kesehatan, Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Lemon dan madu

Lemon, madu, dan bahan alami lain bisa Anda gunakan sebagai penghilang bekas jerawat.

Jika Anda mencari cara menghilangkan bekas jerawat secara alami, cobalah untuk mengkombinasikan lemon dan madu.

Mengutip dari Skin Kraft, lemon mengandung zat asam yang berperan sebagai antibakteri sehingga bekas jerawat bisa hilang. Produksi minyak alami berlebih pun dapat berkurang.

Di sisi lain, madu berguna untuk melembabkan kulit. Namun, zat asam dalam lemon bisa membuat kulit iritasi. Maka dari itu, Anda perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Minyak kelapa

Penghilang bekas jerawat juga bisa Anda dapat dari memanfaatkan minyak kelapa. Melansir Skin Kraft, minyak kelapa mampu menjaga kelembaban kulit. Dengan begitu, produksi sebum menjadi lebih terkontrol dan bekas jerawat bisa hilang.

Meski demikian, minyak kelapa tidak cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit berminyak. Jika Anda memaksakan diri untuk menggunakan jenis minyak itu, pori-pori menjadi tersumbat dan keberadaan bekas jerawat menjadi lebih parah.

Kunyit

Salah satu bahan alami sebagai penghilang bekas jerawat adalah kunyit.

Jenis bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan antiinflamasi yang tinggi sehingga kemunculan bekas jerawat bisa berkurang.

Baca Juga: 5 Penghilang Bekas Jerawat yang Terbuat dari Bahan Alami

Kentang

Cara menyamarkan bekas jerawat juga bisa Anda coba dengan kentang. Gosokkan irisan kentang pada bekas jerawat sampai kentang kering lalu ganti dengan irisan kentang yang lain.

Terus lakukan langkah itu selama 20 menit kemudian diamkan dulu selama 10 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan air.

Lidah buaya

Obat penghilang bekas jerawat juga bisa Anda dapat dari lidah buaya, lo. Kandungan dalam bahan alami itu efektif mengatur produksi melanin. Akibatnya, hiperpigmentasi dapat berkurang dan bekas jerawat pun memudar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru