kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Obat Jerawat Alami Ini Mudah untuk Anda Cari, Lho


Kamis, 20 Januari 2022 / 11:19 WIB
6 Obat Jerawat Alami Ini Mudah untuk Anda Cari, Lho
ILUSTRASI. Madu dan bahan yang lain bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya memakai produk di pasaran, Anda juga bisa memakai obat jerawat alami, lho. Selain itu, kandungan di bahan alami juga efektif mencegah masalah kulit yang lain sehingga kesehatan kulit secara menyeluruh dapat terjaga.

Jerawat muncul akibat pori-pori kulit yang tersumbat. Entah karena penumpukan sel kulit mati atau jenis kotoran yang lain. Penyumbatan itu semakin parah saat bakteri ikut menginfeksi. Hasilnya, kulit di sekitar munculnya jerawat mengalami peradangan.

Masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan bahan alami ini bisa dijadikan obat jerawat. Karena itu, jika jerawat tak kunjung sembuh, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat jerawat, lo. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang bisa meredakan peradangan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat.

Baca Juga: ​6 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami yang Bisa Dicoba

Madu

Madu adalah salah satu obat jerawat alami yang cukup mudah untuk ditemukan dan digunakan. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa antioksidan yang terdapat dalam madu efektif membersihkan kulit.

Antibakteri dalam madu juga dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Anda hanya perlu mengaplikasikan madu pada jerawat. Lakukan langkah itu beberapa kali dalam sehari sampai jerawat benar-benar sembuh.

Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati jerawat adalah lidah buaya. Sama seperti bahan-bahan yang sudah disebutkan, lidah buaya mengandung antibakteri dan antiinflamasi.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi kulit kering. Untuk mendapat manfaat itu, Anda perlu menggunakan lidah buaya secara rutin. Sebelum menggunakan gel lidah buaya, pastikan kebersihan kulit Anda terjaga, ya.

Bawang Putih

Obat jerawat alami bisa dari bawang putih.

Bawang putih adalah bahan selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat jerawat alami. Senyawa yang terdapat dalam bawang putih mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi bakteri.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Berat Badan, Inilah 6 Manfaat Madu

Timun

Jika Anda ingin mengatasi kulit berjerawat, cobalah untuk rutin memakai timun. Antioksidan, vitamin, mineral, dan kandungan lain timun efektif mengobati jerawat. Timun juga memiliki banyak air sehingga mampu menghidrasi kulit Anda.

Teh Hijau

Jika Anda mencari cara mengobati jerawat, Medical News Today merekomendasikan teh hijau. Antioksidan mampu membersihkan pori-pori kulit secara maksimal, melawan infeksi bakteri, dan meredakan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×